April 7, 2010

Confessions of The Blog Statistic-holic

Bukan rahasia lagi jika mengecek statistik blog adalah hal yang paling sering saya lakukan, selain chat di YM, facebook-an, blogwalking, dan surfing ide. Maaf, twitter masih kalah pamor :)

Dan histats selama ini memang tak mengecewakan. Di sana banyak fitur yang bisa dieksplorasi, baik secara real time maupun sekedar melacak aktivitas pengunjung. Mana artikel yang sering diakses, dan keyword apa saja yang mengena,..pokoknya ngga habis-habis lah kalau mantengin statistik. Dan memperhatikan angka-angka yang bergerak naik turun memang asyik. Apalagi saat pengunjung sedang rame dan grafik meningkat tajam, wah saya bisa senyum-senyum sendiri kayak baru dapet rejeki nomplok. Padahal mah, rejeki dari mane? *haha*

Intinya, saya terobsesi statistik blog hingga hampir masuk dalam kategori stadium lanjut.

Tapi kemudian saya berfikir, apakah ini bagus? Karena lama-lama saya mengalami hal-hal berikut:

Buang-buang waktu
Sesaat memang menyenangkan, namun setelah melirik jam, my God, apa yang saya lakukan? Banyak hal yang seharusnya diprioritaskan malah menguap dimakan statistik. Akibatnya, konsentrasi hilang plus mood lenyap, dan saya harus menunggu sekian waktu lagi tuk menyetelnya ke level semula. So, it’s waste of time.


Mengaduk emosi
Ketika grafik naik, happy. Ketika turun, panik! What the hell? Apa yang salah dengan blog saya? Kenapa begini, kenapa begitu? Fikiran-fikiran itu terus-terusan menghantui dan kadang terbawa mimpi. It’s true!

Jadi, daripada tensi naik dan terkena resiko mati muda, leave it for your own good.

Mempengaruhi kualitas menulis
Blogging saya kira bukan semata tentang angka dan traffic. Tanpa disadari, jika saya benar-benar peduli pada traffic, mungkin saya akan mempertimbangkan menerbitkan postingan hanya demi search engine, bukan orang. Disini timbul dilema baru, karena pengalaman saya tentang hal ini begitu cetek, dan relevansinya jauh dari apa yang dianjurkan para tetua blogger. Dan bila dipaksakan, kesannya jadi hambar. Kualitas tulisan dan ritme blogging pun terganggu. Bad idea.

Kesimpulan...
Saya terinspirasi oleh artikel ayongeblog, yang menyatakan bahwa aktivitas blogging adalah seperti lari marathon, bukan sprint. Konsistensi, kesabaran dan kejujuran, adalah sebagian faktor-faktor yang semestinya dimiliki seorang blogger. Hmm, ada benarnya.
We are different, in essence, from other men. If you want to win something, run 100 meters. If you want to experience something, run a marathon (Emil Zatopek)
Memperlakukan statistik blog secara semestinya memang bukan pekerjaan mudah, terutama bagi saya yang masih harus banyak belajar ngeblog, hingga dapat memanfaatkannya secara lebih proporsional.

Sobat pernah mengalami hal serupa? Atau ada pandangan lain?

(image credit)

34 comments:

Sou Stalker said...

bwahahaha. .saya baru tau kalo gan darin punya obsesi tsb ! Hahahaha. .

kalau saya,malah gak pernah ngecek kyk gitu,ada site counter,gak pernah ngecek juga,laporannya di kirim melalui email,gak pernah saya baca juga,,hahaha. .Kalau saya mah,let it flow aja gan. .

Met siang ya. .

Dendy Darin said...

hehehe iya sou, bikin stres :D

Ratasoe said...

Mampir sob, wah untng aj ne ga pasang sob hehe, ane tau cuman apa yg ad dkepala yg co2k aj dh..keren sob artikelx, ane dpt masukan lg ny..trims yo

non inge said...

haduuuuh...
ampe stress begitu yah...
lah aku ngeblog buat have fun n refreshing mas...
jd g terlalu memperhatikan hal itu ^^

have a nice day ^^

richo said...

aku juga paling hobby liat statistic sambil berhayal pengunjungnya ribuan heheh

fai_cong said...

pagi kang...
saya kan masih baru kang, jadi lom begitu tau.
udah maem kang?
:D

blogdunia said...

wah tentu sobat,,
kadang berlari kadang berhenti,,
ituu lah aktivitas blog ku

Sopandi Al Kautsar said...

Klo pandi berakit2 ajah, berenang-renang ketepian.. he.. he..

soewoeng said...

wah kalo diriku kok ngasal ya bos?
ngaal nulis... itu sajah.... ngak perhatikan yang lain lain

koplak said...

wah susah juga ya ternyata

ilmu-coin said...

thanks sob infonya,. saya juga kadang2 begitu,,,
tapi statistik saya anggep sebagai hadiah aj, and ngeblog merupakan hobi,,
thanks udah maw sharing,,,
sangat bermanfaat :)
saya follow deh blog sobat :)

Gus Ikhwan said...

punya saya barusan bdigampar tante alexa??
jadi penasaran dan semangat ngeblog makijn menggebu2 ni bang, mau muasin tante alexa yang udah nggampar jauh2

Unknown said...

ngeblog untuk persahabatan...

ita.gazali said...

iya tuh...jadi waktunya terbuang percuma dan kadang jadi malas nulis postingan

Isti said...

saya mulai memperhatikan rangking2an ketika blog saya masuk dalam posisi 12 Top Blog 100 Indonesia Matters..rasanya ga percaya..setelah itu saya jadi suka nongkrongin memperhatikan angka2..waktu jd terbuang dan suka bingung sendiri :)

Dendy Darin said...

@gusikhwan: telat ngapdet tu gus :)

Blogger said...

ahah wah lagi dalam dilema hihi..
yach memang pada sebagian orang peringkat dan ranking blog sangat perlu untuk diperhatikan semua tergantung dari penilaian buat sama ambil tengah2nya aj hehe...
semangat sob berlarilah sekencang2nya haha..
Sukses slalu!

None said...

heheheh, sabr sabar... ini kuanggap sebagai tips, mumpung aku juga belom cek cek satistik, mendingan ngga deh, dari pada ketagihan, ato bisa jadi malah menyita pikiran :D

ureh said...

sering gan, skripsi jadi keteteran :D

gayuh said...

wah jd pengen lihat ni.. caranya gmn ya

megi said...

sama sob, seneng banget lihat naik-turun trafik di histats :p

btw foto ntu cewek lucu bener :)

admin said...

saya juga gitu mas..
klo pengunjung naik pasti bangga..
klo sepi ya ngowo heheheh..

sepurane baru mampir mas cz da kesibukan diluar

negeriads.com sarana berpromosi said...

memang kalau kita tidak punya patokan , ngeblog serasa buang2 waktu.....untung sekarang tidak lagi....patokan saya " apa yang bisa didapat dari ngeblog"...that's all

bintang said...

waduh kalo dampaknya gitu ya jangan di perhatiin aja dong hitats nya.
ya ngeblog aja yang santai asal tetep ma tujuannya.

Riesta Emy Susanti said...

pokoknya happy blogging aja ya...
^_^

Ra said...

wew...
aku juga ngeblog2 ajah, yg penting happy...halah!

(^,^)v

Andy said...

Berarti banyak manfaatnya yah pasang histats...

Ninda Rahadi said...

saya sih asal mood hahaha

Edwin's Personal Blog said...

blogging memang butuh konsistensi dan kesabaran. saya setuju itu. kalau langsung lari cepat akan kehabisan nafas nanti...

Kristanto-wds said...

saya malah gak ngeh sampai sebegitu nya ya kang... tapi saya juga pengen ngecek juga kayak yang akang lakukan...
hahahahaha

Unknown said...

serupa mas hahahha
"We are different, in essence, from other men. If you want to win something, run 100 meters. If you want to experience something, run a marathon (Emil Zatopek)"
keeerrrreeeen abis dah....

Kumpulan Tutorial Ngeblog said...

kalau saya jarang ngeliat statistik blog Sob... membuat semangat blog jadi hilang, soalnya traffic masih sedikit... trus saya copot aja penghitung statistiknya...hehehehehe

Bung Eko said...

Duluuuuu banget saya termasuk seorang blogger yang stats holic, tapi sekarang sama sekali gak peduli dengan masalah angka-angka begitu rupa. Yang penting ngeblog, berbagi, berteman, bersilaturahmi, sisanya hanyalah bonus. termasuk juga masalah stats, PR, dll.

Dendy Darin said...

bung eko, mantap bung..jadikan itu sebagai bonus hehe :)

Post a Comment