February 19, 2010

Konsisten oh Konsisten

Sobat, hampir seminggu lebih blog ini melek dari hibernasinya. Dan sepertinya kini tengah mengalami metamorfosis yang entah dari apa menjadi apa, saya juga masih meraba-raba. Namun yang pasti, ilmu saya makin bertambah seiring mengenali sobat semua yang tentunya datang dari berbagai basic keilmuan, usia, kesukaan dan juga style dalam blogging.

Sedikit sharing pengalaman, biasanya saya posting tulisan tanpa memikirkan apapun. Ada berita bagus yang saya pandang menarik, keinginan untuk berbagi sesuatu, polemik yang bagus untuk diulas, ataupun sekedar menyampaikan opini tentang topik tertentu. Nah, yang terakhir ini saya demen banget - opini - karena yang ada bukan salah atau benar, tapi mencoba menemukan jawaban atas sesuatu hal dengan cara menjalin komunikasi dengan pembaca.

Dan syahdan, hampir selama seminggu lebih ini saya mencoba menggali lagi trik-trik blogging di dunia maya, khususnya yang berkaitan dengan bagaimana agar kita konsisten ngeblog. Terus terang, saya merasa jika saya tidak termotivasi, saya akan kembali lagi berhibernasi donk, ah ga banget :)

Berikut ringkasan advice hasil dari mblasuk mblasuk yang saya dapatkan :

Menulis setidaknya 10 tulisan baik berupa solusi, daftar-daftar, jurnal harian, bahkan video, dan tambahkan 1 tulisan di setiap harinya. Cobalah di 10 hari pertama! (Andrew)

Yang kita lakukan hanyalah menulis beberapa artikel dengan tema yang sama di minggu pertama, lalu di minggu kedua temanya dikaitkan dengan tulisan minggu pertama, dan di minggu ketiga kaitkan dengan tema minggu kedua. Di minggu berikutnya, cobalah mengaitkan kesemuanya secara keseluruhan (BrianJUY)

Bila ingin serius blogging dalam jangka panjang, hal yang paling penting adalah membuat jadwal posting. Jujur pada diri sendiri dan jangan berharap terlalu tinggi. Tetaplah komitmen pada jadwal. Ini akan membantu ketika kita kehilangan motivasi (Peter)

Di minggu-minggu pertama blogging, konsentrasi penuh untuk membuat 10 hingga 20 artikel yang ampuh (Tee Riddle)

Tulis artikel sesukamu! Jadikan blog yang terus terupdate. Biarkan pengunjung yang menilai, karena mereka akan berhenti berkunjung balik jika mengetahui konten blog kita jarang sekali diupdate (Laurajr)

Buat artikel yang mantap dan berisi, yang bisa membuat pembaca terpengaruh (Mathhew Day)

Meski belum ada tulisan yang akan dipublikasi, buatlah 5 hingga 10 draft tulisan ke depan (Harsh)

Tulislah tentang keinginan dan harapan sebagai tulisan berseri, seperti: 'setiap hari dalam minggu ini saya akan mencoba mengeksplorasi..', atau 'tiap hari Senin, saya akan menulis tentang..', atau 'tiap Bulan saya akan menulis hasil wawancara dengan..', dan lain sebagainya. Ini secara tidak langsung akan membuat kita terus termotivasi (Kerrin)

Menulislah setiap hari. Kita toh tak harus mempublikasikan semua yang kita tulis. Itulah gunanya tombol 'save draft'. Ini akan membantu 'otot-otot' menulis lebih kuat (Pat)

Luangkan waktu untuk kembali mereview dan menikmati tulisan-tulisan lama. Mungkin saja ada inspirasi untuk tulisan berikutnya yang berkaitan dengannya (Ali)

Yah, hal-hal semacam inilah yang saya dapatkan. Bagaimana dengan sobat? Punya trik lain agar bisa konsisten ngeblog?

23 comments:

Noor's blog (inside of me ) said...

Wah..kalau saya nggak ngerti tuh, soalnya saya masih belajar. Tapi kalau dilihat dari 2 blog yang saya punya, perasaan...para sahabat cenderung baca postingan yang ringan daripada postingan yang agak serius.

ridwan said...

Dalam segala hal, konsisten memang berat. Btw, saya terbiasa pakai caranya Harsh -membuat draft tulisan (biasanya localhost dulu)

indra1082 said...

Konsisten Nge-Blog... sip....
Thanks sudah mampir pren...

Ngeposting ni yee said...

tHanks tIpsnYa sObat.,.,
kOnsiten tRuzzz..,..,,.,

Dhana/戴安娜 said...

salam sahabat
ehm konsisten memang bener kita kalo bisa harus konsisten namun menempatkannya kadang susah oh konsisten he..he..eh mas sekalian saya follow n follow balik kalo sedia ya..thnxs this info n good luck

Darin said...

@noor'sblog: lho ternyata fikiran kita sama sob, betul, tulisan yg enak dicerna lebih mengundang pembaca.
@ridwan: tips itu juga bagus sob, trims dah mampir :)
@indra1082: trims kembali, salam hangat sob :)
@ngepostingniye: sama2, good luck dgn blog-nya oks :)
@dhana: hehe, betul, memang berat awalnya, sy jg lagi nyoba2 bentuk mana yg sesuai. trims atas kunjungannya, good luck for u too :)

fai_cong said...

bener itu kang...
maem ndisek aku kang..
xixixi...

Darin said...

ndang lemu koe cong, hihi :D

Lina said...

tipsnya bagus-bagus. lah blog saya itu, malah nggak karuan nulis apa...hehe

RCA 102,5 FM said...

KONSISTENSI,..SEBUAH BARANG LANGKA BAGI HUMANISME.

ivan kavalera said...

Blogger maupun penulis lainnya jika ingin konsisten sebenarnya tidak ditentukan oleh kuantitas tulisan atau postingan tapi seberapa banyak kualitas dari pesan-pesan bermanfaat yang disampaikan dalam tulisannya atau bisa mempengaruhi pembacanya.
Artikel mantap, kawan. Konsistensi kualitas ataupun konsistensi kualitas tentu berbeda. Ini menurut saya. Sebuah blog yang bisa eksis adalah konsistensi dengan contentnya meski tidak rutin update.
Oh ya. Template weblog anda saya suka.

Darin said...

@Lina: mereka juga hanya beropini hasil pengalaman dan gaya mereka sendiri. kalo lina punya gaya sendiri, that's good :) Tetaplah menginspirasi!
@rca-fm: betul sob, tapi ada satu yang ga langka, yaitu kita terus2an konsisten merusak bumi ini.. :(
@ivan kavalera: setuju sobat, apalah artinya tulisan jika tak membawa makna dan menginspirasi pembaca :) trims atas apresiasinya.

Rizky2009 said...

kalau aq masih kesulitan buat konsisten, soalnya harus berbagi waktu gt,

oy link kamu dah aq pasang d blog aq silakan lihat

asep canda said...

konsisten emang di perlukan sob

Belogger Prost said...

konsisten itu adalah sebuah dasar pembangunan menara

liza said...

kalo menurutku konsisten itu perlu. untuk memposting tulisan tidak perlu yang berat2, ringan2 dan mudah dibaca its okay. kemudian, agar lebih mudah mengorganisir, postingan blog sebaiknya dijadwalkan. misalnya saminggu 2 kali dll. kalo tidak salah di blogspot juga bisa mengatur schedule postingan. artinya disimpan dalam draft dulu dan dijadwalkan postingannya pada hari yang diinginkan. karena kalo mood kita berubah2 bisa jadi dalam sehari bisa nulis banyak dan bisa jadi di hari yang lain ngga mau nulis. tapi dengan ini blog kita bisa tetap update. wuesss... panjang nih :)

bonk ava said...

tips dari aku! : biasanya blogger pemula bingung mau posting apa, jadi malas postingnya dan akhirnya blognya terlantarkan begitu saja. jadi tipsnya coba mencontoh ide -ide blogger senior atau apalah di contoh dari para senior, tulisan kek, mempercantik blog gitu biar semangat jadi postingnya.

and buang jauh - jauh komentar yang nggak enak, itu akan membuat mood kita hancur dan ujung - ujungnya malah jadi malas postingan!

itu aja tips dari aku , semoga berguna bagi para blogger , pemula khususnya, keep blogging!

albertus goentoer tjahjadi said...

konsisten? wah... mesti dicari dulu tujuan kita mo bikin blog itu untuk apa... kalo udah tau... jadikan itu sebagai semangat untuk terus memotivasi diri... mbaca, lihat, denger, dan rasakan apa aja yang ada di sekeliling kita trus tulis apa adanya tanpa takut bahwa tulisan itu jelek... kayaknya itu yang biasa aku lakukan mas... thanks...

Gus Ikhwan said...

Maaf bung darin Gus Ikhwan baru bisa mampir di blog sobat, lagi banyak urusan bimbel buat menghadapi UN besok??
Minta doa restunya aaja!!!

Kalo gus boleh jujur sih, untuk saat ini gus lagi sibuk konsisten belajar buat un besok dan mencari universitas buat kuliah besok!!!

Mungkin ngeblog dan blogwalking cuman sore atau pagi buta sekali capek belajar langsung buka laptop dan blog walking
Wah makin hari makin rame ni blog kang darin
gus Ikhwan jadi kesaingan ni!!
Salam kagem blogger bengawan dan kagem wahyu badoer dan andi mse

Kristanto Wds said...

datang berkunjung kang....
infonya menarik... tapi terlalu berat kata2nya hehehehehehe......

Darin said...

@Rizky: semua tergantung prioritas sob. Oks, saya link balik :)
@asepcanda: betul, bukan hanya untuk ngeblog, dalam hidup jg kayaknya harus gitu deh :)
@beloggerprost: perumpamaan yg bagus, kalau tidak ya bagaimana menara itu bisa berdiri? betul sob? :)
@liza: trims. memang kadang mood menulis tak kenal waktu. btw, tips yang bagus banget :) sip!
@bonk ava: mencontoh blogger senior? bole jg, tapi menurut saya jgn sampe njiplak mereka 100%, karna kita jg punya gaya sendiri. betul sob? lagian di dunia blogger ga ada yg namanya senior dan junior. semua punya kesempatan yg sama, sebab informasi saat ini mudah sekali diakses.
@albertus: motif ngeblog ya pak? setuju. itu yg akan memberi kita motivasi terus :)
@gus ikhwan: oke sob, saya doain semoga lancar. yoi belajar dulu lah demi hari depan :) salam balik dari blogger bengawan, pesan insya Allah sy sampaikan :)
@kristanto wds: iya kang, ah maklum masih mencari gaya yg sreg ni hehe, masih jauh saya ama kang kris ^_^. trims dah mampir kang.

nonadita said...

Postingan yang bagus!
Kalau saya, seringkali menulis potongan2 ide di HP atau kertas tissue. Kalau sudah ada waktu, barulah dikembangkan jadi tulisan utuh. Yg penting idenya tidak sampai hilang dulu :)

Darin said...

@nonadita: menulis ide yg tertangkap memang bagus, soalnya itu mudah sekali menguap. setuju nonadita :)

Post a Comment