March 30, 2010

Menulis Untuk Orang Atau SEO?

Pertanyaan itu kerap mengundang banyak silang pendapat. Satu sisi, blogger tak ingin kehilangan voice of interest, kreativitas dan sisi orisinilnya. Sedang di sisi lain, mau tak mau konsep SEO terus menggoda. Ya realistis aja, siapa sih yang ngga mau blognya lebih punya daya tarik di mata google?

Tapi bila difikir lebih lanjut, siapa sih yang menggunakan search engine? Orang, bukan dedemit atau siluman-siluman yang sering berseliweran di sinetron. Jadi agaknya tak berlebihan jika memang betul bahwa sejatinya kita ngeblog itu untuk dibaca orang, bukan google.

Nah, makin repot bila kita membahas tentang algoritma yang diacu oleh google, yang notabene bersifat tidak bisa diganggu gugat. Seberapa keras pun kita mengoptimasi, jika google says no, it means no. Dan dengan berhembusnya kabar bahwa google akan menerapkan sistem algoritma baru, ide tentang SEO ini bisa sangat menarik untuk kembali dipertimbangkan.

Jadi aneh, mana yang harus lebih didahulukan?

Terpisah dari yang mana yang menjadi prioritas, saya kira ada baiknya menggabungkan dua gagasan itu agar proses blogging lebih efektif. Ok, lalu bagaimana konten yang bagus untuk dibaca pengunjung, juga bekerja dengan baik untuk SEO?


Faktor konten yang unik
Semua setuju bahwa peran backlink masih yang utama, dan salah satu sumber devisa dari backlink adalah konten yang relevan, mempunyai nilai lebih, kontroversial, lucu, opini yang ngga biasa, atau pun yang mencerahkan wawasan baru.
Dan siapa yang menilai? Orang. Karena - saya jadi ingat - dua hukum utama dalam blogging:
1. “Nobody’s going to read your blog unless there’s something in it for them.” (Seth Godin)
2. “Nobody’s going to link to your blog unless there’s something in it for them.” (Hugh MacLeod)
Pun google, dengan informasi nyaris tak terhingga dari AdWords, AdSense, Analytics, Google Reader, Toolbar dan Website Optimizer, mulai meninggalkan asumsi backlink tersebut, dan mulai me-review seberapa penting konten itu bagi pengunjung. Artinya, intensitas interaksi pengunjung dengan kontenlah yang dinilai. Entah seberapa akurat hal tersebut, konten yang pengunjung nilai unik, akan terangkat dan menjadi faktor penting bagi SEO.

Bagaimana, menulis untuk orang atau SEO?

Faktor artikel pilar
Saya menulis tips blogging secara global, dan dari ide ini saya terapkan sistem deeper than wider, alias mengetengahkan poin-poin terfokus pada beberapa artikel. Kemudian artikel-artikel tersebut selanjutnya akan menjadi landasan, atau referensi bagi artikel-artikel di kemudian hari. Nah, artikel dalam konsep ini lah yang dalam blogosphere disebut dengan artikel pilar.

Artikel jenis ini mestinya bersifat ulasan rinci, mudah dicerna dan mudah diingat oleh pengunjung, karena di situ letak roh dari blog yang bersangkutan. Jadi, bahkan pengunjung yang baru pertama kali pun bisa langsung menilai dan memahami apa yang diulas secara garis besar pada blog tersebut. Dan dari sinilah timbul repetisi kunjungan, karena merasa bahwa blog tersebut bermanfaat.

Konsep SEO sangat menyukai hal ini. Mengaitkan link-link artikel pilar dalam satu postingan merupakan strategi terkuat plus terhemat, dan bukan tidak mungkin cara ini juga akan menarik hati mbah google.

Sudah menentukan, menulis untuk orang atau SEO?

Faktor bahasa
Suatu artikel yang bagus, atau seperti kategori unik di atas tadi, dapat tersampaikan pesannya hanya jika bahasa yang dipergunakan mudah dicerna. Ini yang sering membuat saya stres :) Karena seorang komunikator yang baik, meski lewat tulisan, akan mampu mengolah kata sedemikian rupa, hingga dimengerti sebagian besar pembacanya. Untuk itu, pengulangan satu atau beberapa kata kunci sangat mungkin diperlukan, dengan harapan pesan dalam artikel tersebut akan tersampaikan secara lebih akurat.

Dan pengulangan kata kunci (keywords) sangat dianjurkan dalam konsep SEO. Selain menambah nilai pada data pencarian, artikel itu akan terendus lama dan bisa mempertemukan pengunjung dengan blog secara lebih efisien.

Ok, terakhir, menulis untuk orang atau SEO?

And then...
Saya akui, saya lebih condong menulis untuk dibaca orang/pengunjung daripada google. Namun seperti yang tertulis pada paragraf pertama tadi, konsep SEO ini terus saja menggoda! Jadi, ngga ada salahnya kan untuk dicoba? :)

Bagaimana dengan sobat? Menulis untuk orang atau SEO?

(image credit)

65 comments:

pulsa murah berhadiah said...

very very nice info... kalo bisa sih saya maunya nulis untuk kepuasan blogging plus untuk seo plus untuk orang lain juga...haha..realistis gak ya?

Sou Stalker said...

oalah,mumet aq gan,,setau saya,bikin blog ya di isi,di buat semenarik mungkin,masalah tata bahasa,kan tergantung penulis masing-masing,,kalo soal SEO ,saya taunya gimana cara dapat banyak backlink ae. .
Hahaha. .maklum,pemula. .
Met sore ya gan.

megi said...

buat orang, saya buat blog film krn emang suka nonton film, apalagi filmnya adam sandler ^^
kalo seo belum begitu ngerti sih, cuma nyoba aja masukin meta ini lah, itu lah :p

kurniawan.q said...

kalu saya menulis apa ajah sesuka hati .....................mau dikomentari mau tidak yang penting bisa dicari oleh orang baik itu di dalam negri maupun di luar negri(mungkin kalau di luar negri bisa mengunakan baghasa inggris walau pakai terjemahan )

kakara said...

Kalau aku posting aja.. seonya mengikuti..he2 :)

Abula said...

menulis untuk dibaca orang saya kira berbading lurus juga dengan menulis untuk SEO ...
jadi keep writing

Darin said...

@tomo: realistis saya kira :) lanjutkan sob.
@sou: ya, mungkin awalnya bisa lewat backlink. sore juga sou, ngopi piye? :)
@megi: wah juragan film lewat nih :) yups, pake meta tag sederhana jg bisa untuk SEO sob.
@kurniawan: pendapat sobat ada benarnya.
@kakara: senasib kang! :D
@abula: hmm..benar juga. keep writing saja mungkin ya mas :)

alkatro said...

meski kadang blog alkatro ngupas seo, sebenarnya tujuan ngeblog untuk sharing saja mas, terbukti hanya asal posting, dengan bahasa yang asal-asalan juga he he.. SEO juga buatan manusia kan mas :)

Darin said...

@alkatro: betul, hanya saja itu bertujuan untuk optimasi mesin pencari :)

inge / cyber dreamer said...

kalo aku awalnya nulis untuk diri sendiri Kang...
soalnya aku orangnya pelupa juga
jadi daripada g kesimpen jadi ya pake media blog ^^
dan kalo dibaca orang dan terus suka ya Alhamdulillah ^^

have a nice day ^^

Ratasoe said...

Kunjungan sore sob, wah pd rame ngbhas SEO ny ;-)..ane menyimak aj sob sekalian belajar..,ane ditengah2 aj antara google and orang ;-)..

HAPIA Mesir said...

kalo mau nembak KW cek di google trends dulu aja sob.. jadi biar memang bener2 kenal target...

Artikel Islami said...

mungkin dua2nya bisa dipadukan, menimbang2 keyword dan popularitasnya,

makasih tipsnya kawan

narti said...

hiks...sulit bacanya eh mengertinya dan menjalankannya.
makasih artikelnya.

aan said...

luar biasa sekali postingan ini mas,enak di baca,runut dan mudah di pahami..kalo sy yg punya gogle sy pilih blog ini ..ehehe

NegeriAds.Com Solusi Berpromosi said...

dua2nya dikawinin bg... hehhehe....
saya punya beberapa blog diantaranya yg memang untuk berbagi informasi dengan netter tentang seni, budaya dan wisata Riau (www.sungaikuantan.com) disana sy jg menerapkan SEO, krena SEO itu perlu. ketika org mencari informasi di search engine blog kita tdk dtemukan, bagaimana kita mau berbagi informasi yg ada di blog kita itu? yaah... SEO kan tdk sulit.. Google jg bagi2 free ebook SEO... heheh

Yang sulit itu ikutan kontes SEO sebagai Singgle Fighter yg sya lakoni saat ni... lawannya gengster SEO ind (Tim Ajib) hehehe... maklum pertama kali ikutan hanya punya modal nekad.... Wakakakka.... jadi ga tw dimana bisa nyepammm Asik..ajibajib.. hehehe...
Support ya bg.. :D

Dimas said...

wah SEO ya, kayaknya ga kepikiran, judul ma isinya aja asal nyangkut and nyambung, ga ada yg bisa dijadikan keyword hehe...

xitalho said...

Google telah dengan kuasanya membentuk pola perilaku berinternet manusia sejagat. Parameter-parameter yang diacunya dengan sendiri menjadi wajib rukunnya..bila ingin Google friendly...

lebih obyektif "Menulis untuk orang" sebetulnya.

NURA said...

salam sobat
kalau saya menulis sebenarnya untuk kenangan saya selama tinggal di negeri orang mas Darin,,tetapi alhamdulillah kalau bisa berbagi dengan orang lain,,,kalau untuk SEO, ngga termasuk.

Enutd said...

Maaf Mas Darin td kena si Aki ismet yaa...dah saya bebaskan Mas..

dinoe said...

kalau saya di paduin aja mas...antara seo dan pembaca..seperti saya menjadwal konten-konten apa saja berdasarkan hari , kapan nembak keword dan kapan artikel persahabatan....
..benar sekali mas..seo tetap menggoda....

catatan kecilku said...

Kalau aku terus terang lebih banyak menulis utk diriku sendiri... soalnya tak paham dg teknik SEO.

the others said...

Pengen sih tahu lebih banyak tentang SEO dan menerapkannya saat menulis... tapi kok sulit ya utkku hehehe

Kang Sugeng said...

setiap blogger pasti penginlah menulis untuk kedua hal di atas, untuk pembaca dan juga untuk seo

Bunglon Blog said...

waha mantep nech artikel SEO nya..
saya setuju dengan peran backlink sob karena ini turut diperhitungkan dalam dunia SEo begitu katanya hehe...
terimakasih sharingnya
sukses slalu!

kesehaRian Ra-Kun said...

dropping by to say "hai" ^_^
have a nice blog-walking time :)

asep canda said...

Menulis untuk dibaca orang sekalian seo sambil nyari nyari recehan mas hehehehehehehe

Hanna Pertiwi said...

Ulasan yang menarik dan unik mas, itu yang selama 2 hari ini ada dipikiran saya dan ternyata sy menemukannya disini. Sbg pemula sy menulis utk diri sy sendiri sbg arsip. Sambil menulis utk diri sendiri jg belajar bgm menulis utk org lain. Nah nanti jk menulis utk org lain sdh bisa br pelan-pelan belajar SEO. Dr mana? Salah satunya dari INDONESIANER, boleh kan mas?hehehe

Rock said...

Makasih untuk tipsnya kawand... Kalau aku apa ya??? hahaha...

Budi Mulyono said...

Wes ora mikirin secara serius... bisa nulis dan sempat berkunjung ke rumah sahabat sudah bisa memuaskan hati dengan baik...

Salam sahabat dari Balikpapan...

BENY KADIR said...

Dua2nya perlu dioptimalkan,Mas.
Terimakasih sudah berbagi ilmu.

arsumba said...

biasanya sih tulisan yang natural justru bisa dapat dua2nya mas.. :D

hendro-prayitno said...

kalau saya secara jujur saya menulis untuk orang dan diri saya karena tujuan saya ingin membuat sebuah buku,di blog saya,,tetapi juga seo harus di perhatikan,,bagi saya yang menarik search engine adalah berita terbaru..tapi yang menarik khalayak adalah manfaat bukan berita justru,,itu menurut saya,,kalau blog dilengkapi keduanya mungkin bisa bagus....tetapi agak rumit..
sekedar opini...salam persahabatan

joko santoso said...

Menulis sebaik mungkin untuk orang, dengan sendirinya SE akan mengikuti, itu menurut saya

sunarnosahlan said...

bagiku ya tetap yang penting menulis untuk orang, karena sampai saat ini masih nggak begitu paham dengan SEO segala macam

bandit™perantau said...

..heheheh.

nice article Bro...

Kalo saya sih sejak awal nge blog emang gak ada niat untuk berurusan dengan SEO, PR dkk nya... hehehe

gus ikhwan said...

kita kembali pada dasar dan tujuan kita membuat sebuah blog?? kalau saya menulis buat pembaca, karena secara sengaja atau tidak sengaja kita pasti meletakan keyword di awal postingan atau akhir postingan dan matoritas kita membuat postingan banyak blogger yang langsung mencoba menembak keyword, contohnya kita mau menuis seputar ponsel, kita gooling dulu berapa ribu bahkan juta situs yang memiliki keyword yang sama dan gimana kita memutuskannya apa akan ikut bersaing di halaman google..

kalau saya 22nya bang darin menulis buat pembaca sekalian nembak keyword

pakde sulas said...

seperti yang pakde ulas dalam postingan pakde, janganlah kita terjebak dalam paradogma SEO, karena kita menulis memang untuk dibaca, dan kita berniat "sedekah ilmu", ehingga tulisan kita menjadi bermanffat untuk manusia

Darin said...

@hanna: boleh mbak, sama2 belajar ya :c:
@rock: kalo abang upex mah, tetep salam tiga jariiii :e:
@hendro: bagus sekali sob, blog menjadi buku bener2 ide yang mantap! :c:
@gus: ok sob, malah dapet pencerahan baru nih :d:
@pakde sulas: nah ini masternya datang :c: ok pakde, mohon bimbingannya ya :a:

canting attayaya said...

tergantung kebutuhan
ada yang untuk orang aja
ada untuk mbah gugel
ada yang campuran

♥ria♥ said...

aku juga ga pernah nulis untuk SEO koq
nulis dari hati saja dan untuk dibaca teman-teman :h:

Darin said...

@attaya: betul bang attayaya :c:

Fajar said...

sementara menulis...hanya sebatas untuk menuangkan ide atau uneg-uneg je om....

jun said...

saia sependapat dengan Fajar :c:

Kakaakin said...

Kalau saya ingin tulisan saya dibaca orang, syukur-syukur kalo bisa disukai :)

Salam kenal ya...
Makasih udah mampir di blog saya.
Ijin nge-link ya, insya Allah pengen mampir kesini lagi nantinya :)

ridwan said...

lebih kepikiran menulis supaya supaya terlatih menulis :D

blogdunia said...

kalau menurut saya, menulis untuk dirisaya dan orang lain itu lebih penting, karena jika banyak orang yang suka dengan tulisan kita maka oomatis google pun akan suka dengan tulisan kita,, bukanya yang kita kita kejar dari google itu adalah pengunjung

darahbiroe said...

kalau bisa keduanya heheh
karena fokusnya sama2 untuk pengunjung blogg hehe
nice review sob

berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
salam blogger
makasih
:D

antok said...

heheh saya nulis cuman asal nuliz owq :D

makasih penjelasanya jd tambah pengalaman nuy

richo said...

nulis buat orang aja, tar seo kan ikut..... masalahe aku ga paham seo... puyeng heheh :c:

siroel said...

berkunjung.........saya menulis karena hidup saya membosankan kalo ngga nulis,,,

Belajar Menjadi Blogger said...

mantap artikelnya gan,,ini info sangat bermanfaat,,

wardi said...

kalo aku nulis sekedar kopas....he he jadi malu

Eldo Arfendika P said...

Saya setuju mas! Menulis untuk orang dan bukan untuk Google. Sebenarnya dengan frekuensi menulis yang banyak, mau tidak mau sebenarnya kita juga menulis untuk Google hanya jauh lebih baik dan lebih friendly untuk dibaca orang. Dan tanggapan orang, itulah yang paling menarik untuk dibca.

Mas Darin mau curhat. Akhirnya blog aku ada juga yang copy paste. Walah mana dia ninggalin komentar, waktu mau kunjungan balik, neng nong artikel dihalaman depan + tanpa source. Haduh..

Pingin teriak, HIDUP BLOGGER SEJATI!! :)

albertus goentoer tjahjadi said...

saya lebih memilih menulis untuk orang daripada SEO mas... karena kalo menuruti SEO terlalu ribet, kesannya tidak natural dan cenderung dibuat-buat...

Darin said...

@eldo: betul, karena bagaimanapun nanti ada komunikasi yg terjadi, bukan monolog.
weh, trus gmn mas tindak lanjutnya? coba hub dulu via email.

Bung Eko said...

Kalau saya, karena yang membaca blog saya manusia alias orang, maka saya menulis untuk orang. Berinteraksi dengan mereka, berusaha menyampaikan apa yang mereka ingin tahu, apa yang menarik mereka, dst. Nah, jika orang sudah terpikat, tentu akan membuat kunjungan tetap berlipat. Di mata Google, ini sudah cukup untuk menilai bahwa blog tersebut patut diperhitungkan. Itu kalo menurut saya sih. :D

Darin said...

ada benarnya juga tu bung Eko ^_^, people first dah!

Dhanang said...

Hmmm.... agar orang bisa membaca postingan kan perlu pencarian?? jadi SEO juga penting karena bagaimanapun postingan dapat dibaca orang banyak ya karena SEO ini... hehehe...

Tapi tetep jempol buat anda dah......
Salam kenal yaw...

Darin said...

salam kenal juga mas dhanang :)

Dwi Wahyudi said...

Kalau saya pribadi sih mas lebih mementingkan menulis untuk blog sendiri dibanding dgn menulis utk orang lain dgn alasan SEO. Trafik itu kan datang sendiri, bukannya turun dari langit. Dan kunci agar blog kita dapat memperoleh trafik yang tinggi adalah buatlah tulisan semenarik mungkin, dengan begitu otomatis para pengunjung akan ramai berkunjung. Bener ngga?

Darin said...

wuah, bung dwi ini malah jadi memotivasi saya, dan sangat2 mengena! :D traffic ngga turun dari langit, saya sangat suka idiom itu dan sepatutnya semua blogger menyadari hal tersebut.

Membuat tulisan semenarik mungkin..hmm, ide yang bagus bung :)

Jasa Seo said...

biasanya yang sering saya lihat untuk kedua-duanya

Darin said...

@jasa-seo: itu yang dicari, tapi dalam prosesnya memang gampang gampah susah :)

acacicu said...

kalau ditanya saya nulisnya untuk siapa, saya bingung mas. Untuk SEO sendiri, saya belum ngerti celahnya. Jadi, sambil jalan (nulisnya) sambil belajar; Yang saya utamakan justru belajar menulis dulu, hehe; Salam hangat;

Post a Comment