April 16, 2010

Kejutan-kejutan Kecil Dari Blogging

Pertama, kejutan itu datang menubruk di pagi buta, hari kamis kemarin. Chelsea menang! Huhuyyy..sayonara MU. Four points clear! Semoga trophy liga kembali ke pelukan si singa biru London :D

Kedua, enjoy postingan tuk hari ini...

Saya sangat tertarik dengan artikel yang ditulis oleh Chris Brogan dalam blognya. Artikel itu berjudul 'Success is made by little victories', yang kata-kata pembukanya sungguh memikat...
Everything we do to be successful comes from little victories. When someone takes notice of our success, it looks like something big. It feels like one big moment. But always, and I mean always, it comes from a series of little victories. Look at the successes you’ve had. Did they all come at once? Or did you build up from nowhere to somewhere to somewhere better to a quick fallback to a new success, and then pow? Right.
Series of little victories? Hmm, rangkaian-rangkaian kemenangan, atau mungkin bila dilafalkan dalam bahasa kita: kejutan. Betul juga, kadang bila kita melihat sejenak ke belakang, ternyata telah terhampar begitu banyak momen-momen kecil yang telah membawa kita ke keadaan sekarang, di saat ini. Dalam kehidupan, karir, pendidikan, maupun yeah..blogging.


Coba kita lihat, sepertinya kita memang mengalami hal-hal yang sama dalam menjalani momen-momen berikut dalam proses blogging :
  • Membuat blog baru.
  • Membuat postingan pertama, yang biasanya diikuti dengan perasaan aneh :)
  • Mendapat komentar pertama kali, yang biasanya dari teman dekat.
  • Mendapat komentar dari orang yang tak dikenal, hanya tahu dari blogosphere.
  • Blog kita di-link oleh blog lain
  • Dan seterusnya, dan seterusnya...

Momen-momen di atas terlihat remeh, yang setiap blogger mengalami hal yang persis sama, dan beberapa mungkin melewati proses yang sedikit lebih spesifik. Terpisah dari apa motif kita ngeblog, momen-momen itu telah memberi warna dan menciptakan kesenangan yang tak bisa dinilai dengan materi. Dan saya kira momen-momen itu ngga akan berhenti tuk terus berkembang, seperti melahirkan bentuk-bentuk lain sebagai berikut :

Tag dan award
Sobat pernah mendapat tag dan award? Itu adalah salah satu dari efek bola salju yang ditimbulkan. Efeknya dahsyat. Yang semula iseng dan tak berharap banyak, kini mewujudkan perspektif baru tentang kepribadian dan kehidupan real blogger-blogger lain. Ngga sedikit yang tadinya tertutup, sekarang begitu enjoy. Dan lambat-laun, secara tidak sadar telah membawa kita tuk memahami keadaan blogger tersebut. Jadilah hubungan yang sekedar online ini, menuai gambaran atmosfir baru..., atmosfir yang penuh dengan perasaan emosional ketimbang just a flat blog.

Oya, satu lagi keuntungan ber-tag dan award: melempar jauh-jauh kejenuhan ngeblog! ^_^

Di-review blogger lain
Keberadaan kita di blogosphere mungkin dinilai dari seberapa tinggi blog kita terindeks oleh google, seberapa ramping alexa, atau berapa PageRank yang dipunya. That's not a problem. Kemungkinan itu menjadi patokan akan kesuksesan suatu blog memang sudah sejak dulu didengungkan, dan tak jarang kemudian lahirlah pandangan adanya pengotakan blogger newbie dan master. Padahal, saya seneng banget artikelnya Pak Andaka, bahwa blogger itu ngga ada ijazahnya, jadi ya ngapain membeda-bedakan? Betul?

Dan di-review atau disinggung blog lain, seperti di blognya mas Berry, Arsumba, dan Inge, membuat mata saya makin terbuka. Ternyata blog ini ada yang baca men! :D Saya kira hanya sebagai penghias blogosphere semata, ngga taunya ada yang memperhatikan. Bukan hanya dibaca, tapi memang benar-benar dibaca. Ini momen yang sangat spesial, so thanks for people who I mentioned above!

Merembet ke jejaring sosial online
Grup Komunitas Blogger Indonesia adalah salah satu media yang bagus. Teman baru, blog referensi baru, dan tentunya wawasan baru hadir begitu saja. Secara personal, mantap. Dan untuk promosi blog, ngga kalah juga lho dengan blogwalking :)

Dan dari facebook, terjalin pertemanan yang tak biasa, karena memang kita terikat oleh satu kesamaan, yaitu sebagai blogger, bukan semata teman antah berantah yang tak tahu rimbanya. Soalnya, yah saya mengalami sendiri. Add a friend tanpa pandang bulu, dan hasilnya...beranda facebook penuh dengan ocehan-ocehan orang tak dikenal *haha*. So, welcome to nanlimo, inge, siroel, faicong dan kawan-kawan yang telah sudi memenuhi friend's box saya baru-baru ini. Rock facebook in the face!

Eits, twitter juga ngga kalah penting! Meski belum terlalu pinter, ketemu juga dengan sobat blogger yang doyan nge-twit, seperti soustalker dan bandit perantau, dan dari mereka dikit-dikit saya bisa belajar soal twit-mentwit. Thanks guys!

What's your surprises?
Sobat pasti punya pengalaman sendiri tentang blogging dan kejutan-kejutan kecil yang mengiringinya, bukan? Share di kotak komentar ya! :)

(image credit: http://www.ubergizmo.com/15/archives/2007/04/rose_party_surprise_melts_hearts.html)

60 comments:

siroel said...

waaaa...saya dateng mas....
*tidak lupa tertawa sekencang2nya*

fans chelsea rupanya, saya juga dukung chelsea mas...

munir ardi said...

kejutan-kejutan aku ya saat teman tambah banyak dan ada yang bilang terinspirasi sama tulisan-tulisan jelek aku, eh iya aku dari blog lama anda pak

inge / cyber dreamer said...

huwaaaaaaaaaaa
aku dukung MU....
*nangis dipojokan*

Ratasoe said...

Wah bner sob, ane ngalmin smua hehe..pengalaman pertama ngeblog. Ane bxk blajar mas dr blog ini. Trims ya bwt tips2x slama ini, sukses sll yo ;-)

Darin said...

roel, asik tambah konco blues kie hehe
pak munir, iya pak..kadang ngga nyangka juga :) blog lama saya? haduuh jadul pak, malu saya :D

Sou Stalker said...

Huweeeee !! saya jadi ingat waktu pertama aktip ngeblog,,seperti yang di tulis di atas ! Huhuhu. .mengharukan juga kalau di ingat !
met siang ya gan,saya mau jumatan dolo. .hehehe. .

nuansa pena said...

Pertama ngeblog hanya 4 yang comment!

secangkir teh dan sekerat roti said...

apa ya..?

sejauh ini saya enjo ngetik dan berkomentar :)

attayaya said...

bagiku...
indahnya ketika mendapat sahabat2 baru di blogsphere

HERMAN TAN said...

Amankan gelar Chelsea!
Kunjungan balik bro Darin.
From Universal blog.

blog sederhana said...

tidak sabar untuk mencoba mas..
ditunggu Tagnya yaaa :D

Dinoe said...

Benar mas..dunia blogspare memang indah..dan penuh kejutan..

nyuns said...

waow.. bener bener gambaran yang gamblang, semuanya bener!!

blogger blogger blogger dia tak punya ijazah :), satu kesamaan yang kita punya, aku bangga jadi bagian dari blogger, dan aku juga bangga jadi temenmu mas hehehe...

Elsa said...

kalo kejutanku...

aku tiba tiba dapet hadiah dari teman blogger.
hehehehe....
alhamdulillah
padahal gak pernah berharap lho

iLLa said...

salah satu yang menyenangkan dari blogging adalah kopdar! huhuy.. rasanya surprised bisa ketemu langsung sama orang2 yg selama ini hanya berinteraksi di depan monitor, lewat komen mengkomen di blog masing2
jadi, kapan kita kopdar? hehe.. makasih yaaa sudah mampir di blogku ^_^

Pen Lab said...

saya datang mas...
banyak manfaat yang didapat rupanya...
makin jaya aja ne blognya mas darin
sukses selalu

lyna riyanto said...

waah .. The Blues Menang?? syukurlah :)

saya jadi ingat award pertama dan tag pertama
ketika di blog pertama dulu
kaget dan senang sekali

betul mas, saya kadang risi dengan istilah master dan newbie. itu hanya karena perbedaan waktu memulainya saja. Fenomena PR dan trafic itu hanya tools penghitung, namun masih banyak hanl penting tidak bisa ikut dihitung dan dinilai. Bagi saya persahabatan itulah yang lebih berharga :)

Eldo Arfendika P said...

Eumm.. apa ya Mas Darin, sejauh ini nulis untuk hobi. Bisa punya blog yang sesuai dengan keinginan itu dah senang, tapi bisa memberikan kontribusi dan bersahabat dengan temen baru itu luar biasa!! :) Yap, sejauh ini perjalanan aku sudah sangat menarik, dan aku rasa bisa lebih menarik lagi nih !

KucingTengil said...

hahahah.. kalo dipikir2, panjang juga ya perjalanan para blogger sampai bisa lebur dalam suatu ikatan dg blogger lainnya^^

KucingTengil said...

kalo kejutan yg mia alami, adanya respon positif dan negatif dari beberapa blogger. Tapi untungnya byk yg positifnya, jadi terus smangat deh^^

Negeriads.com Solusi Berpromosi said...

singgah bg... maaf bari bisa bertandang kesini...
maklum aja lagi sok sibuk nich.. llolz..

merawat dan memperbaiki komputer said...

perjalanan yang banyak memberi perjalanan,tentang kisah dalam dunia perbloggingan...

Bahauddin Amyasi said...

Bagaimanapun, sebuah kejutan tentu akan melahirkan keharuan, meski dengan kadar dan kualitas yang tidak sama.

Posting Kejutannya mememang mengejutkan nih. Hehe..

berbagi wacana said...

pertama kali postingan saya mendapat komentar,adalah dari misi blogwalking di malam hari.merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan....

ureh said...

haha..kejutan bahasa Inggrisnya supris,haalah..
*btw, MU lewat dah :D

Hendro said...

apa kabar sobat,,maaf baru bisa berkunjung,,
ya saya ingin menjadi guet blogger,tapi untuk cara dan prosedurnya saya belum tau benar,,mohon bimbingannya,,
untuk sebuah kejutan saya senang bisa berteman dengan blogger,bisa menambah wawasan dan pengetahuan,,seperti saya baca blog ini

bonk ava said...

kalo aku ngeblog gak pernah dapat suprise. soale blogku itu hanya untuk sharing tulisanku aja,

dan beruntung banget kalo blog kita di review orang lain, pernah blogku di review mbak reni, dan hasilnya ada juga yang berkunjung ke blogku, walau gak banyak. efektif banget kalo kita jarang blogwalking!

pandi said...

bagoos.. terimakasih informasinya mas darin..

cucuharis said...

jadi, senantiasa semangat ngeblog
Salam dahsyat :)

yudex said...

salam kenal mas, ini blog keren banget yak? ijin follow juga. tapi kita bermusuhan, karena aku MU mania.. Hahaha!

Darin said...

hendro, silahkan klik tab guest blogger untuk lebih lengkapnya :)
yudex, hehehe fans boleh beda tapi blogger tetep satu deh! :D trims.

Abdul Malyk said...

yapz..memang kejutan2 kecil itu akan selalu muncul dari blog.

mbak Inge jangan nangis di pojokan..masih ada aku sang pendukung setan merah juga..
-segala kemungkinan masih bisa terjadi..hehe-

penghuni60 said...

awal pertama ngeblog aku blm pasang alexa,wkt itu aku kira posisi alexa aku msh jutaan. jauh deh pokoknya... eh pas aku pasang, itu tuh kejutan pertama aku, ternyata lain dari dugaan.
tentunya hal ini tak lps dari kunjungan sobat2 smua. thnks bwt share nya

Zaiful Anwar said...

salam kenal mas.
blogwaking ne..

fajar said...

hidup ini kadang penuh kejutan yang tak terduga...

attayaya said...

yup...
bener kata fajar di atas
hidup penuh kejutan

rizal said...

yuo bener sekali, memaang banyak kejutan2 kejutan dari ngeblog dan itu yang saya suka...
seperti kejutan saya bisa ketemu dnegan blog ini..
tulisan yang bagus

Gus Ikhwan said...

iya bang, hidup juga penuh dengan kejutan
review dari bang cosa aja juga sering diberi kejutan

Fikar said...

Surprise saya apa ya??? Mmmm, pas pengunjung meledak datang tiba2 rame sekali datang ke web iklan saya. Seneng banget rasanya, ehhhh truss mulai menghilang atu2 tanpa jejak sedikit pun.^^
Blogwalking, ditunggu kedatangannya.

kang tejo said...

sori baru mampir mas habis da acara..
skarang Chelsea kalah dari totenham mas heheh..
surprise saya?saya senang jika ada yg baca blog saya n kemudian bnyk yg koment..selain itu dulu waktu dapat award n tag pertama juga surprise mas..
selain itu surprise saat tulisan saya bnyk di vote dilintas berita.com jadi nambah visitor diblog saya

richoyul said...

kejutan2 yang menyenangkan ya bro... menambah warna dalam berblogging ria

rizalsaputra81 said...

kejutan bagiku yaitu dpt pgrank 2, anda sudah ku follow, follow balik yah

Willyo Alsyah P. Isman said...

datang mengunjungi sahabat ku...semoga sehat slalu...amin..

Kang Sugeng said...

Wis pokok intinya, ngeblog itu begitu menyenangkan

Oalah said...

wah selamat ya mas, semoga semakin mantab ngeblognya

si Gen said...

Mendapatkan ribuan pengunjung..! Itu yang masih terasa aneh.

hahaha, [pamer dot com] :D

Awaluddin Jamal said...

he he..
memang benar, kejutan-kejutan seperti ini menjadi salah satu kenikmatan dalam dunia blogger..,

tapi saya masih jarang dapat kejutan-kejutan nih..,

ternyata suka Chelsea juga yah.. sayang semalam harus takluk 1-2, jadi beda 1 poin lagi deh sama MU yang menang "beruntung" lawan City.., semoga Chelsea bisa mempertahankan posisinya sekarang, AMIN !!!

bintang said...

saya kok ndak tau ya kalo chelsea menang.
hehhehe
kebanyakan blogging
baca komen
dan tukeran link
ops, satu lagi. ngerjain tag ama award hehhehe

rumah blogger said...

mantaaapp dan nilainya 100...saya juga ngalamin seperti itu mas..

sabirinnet said...

dulunya saya juga nggak terlalu serius, tetapi karena dijiwai dengan sepenuh hati ahirnya menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa digantikan..karena pertemanan dan persahabatan di dunia maya ini sangat berbeda dengan didunia nyata..dan apa yg kita dapatkan di dunia maya tidak akan kita dapatkan didunia nyata, (kira2 aja sih)

Clara said...

pengalamanku ngeblog juga kurang lebih sama...ya seperti itu...dimulai dari tak ada komentar sampe akhirnya dapet PR 3 ahakakaka

♥ria♥ said...

surprise apa yah
pastinya jadi punya temen baru

antaresa said...

kejutan yang paling surprise itu kalo...
- PR dari empat jadi NA
- ga kerasa tiba2 udah 5 jam didepan komputer ngutak atik blog

soewoeng said...

jadi semakin aneh ya dunia maya mas... mula mula coba coba terus ketagihan

koplak said...

jadi inget posting pertama kali deh

arsumba said...

yeeah... dunia blogging emang penuh kejutan... :D
maaf mas baru mampir.. hehe..

Bung Eko said...

Hehehe, saya kok lebih terfokus sama poin kalo blogger itu gak ada ijasahnya, alias gak ada perbedaan antara master dan newbie. Entah siapa yang pertama kali menggunakan istilah-istilah itu, namun memang ini sudah sangat populer sehingga seolah mengotak-otak blogger sendiri.

nurprasetia said...

wah klo aku ingat komentar pertamaku yang menyakitkan . .
tapi membuatkku semangat untuk blogging . .

rental mobil di surabaya said...

pertama kali postingan saya mendapat komentar,adalah dari misi blogwalking di malam hari.merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan....

ahmedfikreatif said...

dah lama ga berkunjung ke sini...
ke blog mas darin.

sajake sudah bener2 mblogger.
menjadi blogger yg mblogger

Post a Comment