March 15, 2010

Blogger Humanis, Where Are You?

Kenyataan bahwa kita – seorang blogger – yang harus mampu beradaptasi dengan lingkungan maya, bisa menjadi satu dilema, bila dihadapkan pada situasi dimana google first than reader. Bermain dengan keyword? Ok. Optimasi SEO? Boleh. Tapi jika berbicara tentang emosi kemanusiaan, faktanya kedua hal tersebut sering mengalami yang namanya crash kepentingan.

Saya ngga menyinggung tentang lomba menulis dengan target SEO, lomba blog choice award atau pun lomba-lomba sejenis lainnya (yang lucu, ada juga lho yang mengadakan lomba paling banyak komentar ^_^'). Semua itu bagus. Namun apakah pernah terbersit dalam benak penulisnya, apa yang difikirkan pengunjung saat mengunjungi blog – yang dalam postingannya berisi kata-kata yang diulang, kadang terkesan dipaksakan - dan sama sekali tak memberi value?


Dimana perasaan humanis itu bersembunyi? Dan sebegitu hebatnya kah iming-iming hadiah dan pengakuan, dibanding respect pembaca yang secara de facto adalah komoditas yang paling berharga?

Satu hal yang perlu disadari, blogger berkunjung dari satu blog ke blog yang lain bukanlah tanpa alasan. Blogger, seperti saya juga, haus akan informasi, hiburan, pertemanan dan eksistensi diri. Boleh-boleh saja sesekali money oriented, tapi saya kira ngga bagus bila itu dijadikan alasan awal kita ngeblog. Reader first, money would come soon. Semestinya prinsip itulah yang ada.
You can only become truly accomplished at something you love. Don't make money your goal. Instead, pursue the things you love doing, and then do them so well that people can't take their eyes off you. (Maya Angelou - American Poet)

Bukan mengajari kemunafikan. Semua orang butuh uang. Tapi benarkah para master blogger itu pada awalnya memang berfokus pada profit? No. Apa iya penulis novel itu sejatinya betul-betul butuh uang hingga rela lembur bermalam-malam demi mengejar kontrak? Saya rasa ngga juga. Mereka pastinya pada awalnya hanya tergerak oleh satu hal: passion. Apa seorang Andrea Hirata pada awalnya sudah memimpikan bahwa suatu saat nanti tulisannya mendadak jadi film sensasional? Lagi-lagi nol besar. Passion-lah biang keladi dari semua itu, bukan uang.

So, blogging dan menulis punya ikatan yang teramat erat, yang pada keduanya tersemat jutaan makna lewat kata-kata. Ada inspirasi, curahan hati, petuah-petuah, dan pencerahan yang teramat sayang dilewatkan bila hanya semata mengejar blog ranking. Sekali lagi: reader first, ranking would come soon :)

Nah, apakah kita cukup humanis untuk disebut sebagai seorang blogger?

Saya tunggu tanggapan sobat di kotak komentar.

(image credit)

47 comments:

Rock said...

Nice post kawand...

isti said...

buat saya..award adalah simbol persahabatan, sehingga pantas untuk dihargai. saya juga berusaha menulis sesuatu yg bermanfaat buat org lain..shg yg mengunjungi blog saya tidak sia2. Jadi tidak curhat2 semata. Salam sobat!

angin said...

intinya kita bisa saling silahturahmi dan saling berbagi ya

Sou Stalker said...

Hahahaha. .kalau tujuan saya pertama ngeblog si bukan uang,tapi memang dari sma,saya udah kecanduan internet,blogging sebagai sarana saya untuk berbagi dan mencari teman . Hahahaha. .
nice posts bro !

fai_cong said...

wah.. kang, komentarnya ko suruh jawab sih?
aku gak tau harus jawab gimana nih?
coz belom ngerti gituan (SEO)..
:D
klu aku ngeblog sih biar bermanfaat buat diri sendiri dan lebih-lebih bermanfaat bagi pembaca/pengunjung.
hehe...

arsumba said...

kalau saya pribadi belum bisa menentukan apakah saya blogger humanis, money oriented atau engine oriented. tapi yang jelas tetep berusaha menyajikan tulisan sesuai tema yang saya angkat. Dan tetep berusaha agar pengunjung benar-benar membaca tulisan sesuai dengan judul atau topik walaupun didalamnya terkadang ada sedikit optimasi. Dan yang menentukan humanis atau tidak adalah pengunjung dan pembaca artikel saya... :D
Topik yang menarik sob..

arsumba said...

kalau saya pribadi belum bisa menentukan apakah saya blogger humanis, money oriented atau engine oriented. tapi yang jelas tetep berusaha menyajikan tulisan sesuai tema yang saya angkat. Dan tetep berusaha agar pengunjung benar-benar membaca tulisan sesuai dengan judul atau topik walaupun didalamnya terkadang ada sedikit optimasi. Dan yang menentukan humanis atau tidak adalah pengunjung dan pembaca artikel saya... :D
Topik yang menarik sob..

arsumba said...

maaf sob, komen saya dobel, internet saya lelet jadinya mesti ngulang-ngulang..
:D

Let's Go International ! said...

Setuju mas !!! Blog kan isinya harusnya manfaat, bukan cuma ajang paling tenar ... :) tapi tetep... kunjungi blogku please... :))

megi said...

gak terlalu mikirin tentang seo sih, soalnya belum terlalu ngerti :p

soal blogging, yang penting bisa saling silaturahmi dan berbagi.. :D

mengenai dimana blogger humanis ? saya jg gak tahu tuh dia ada di mana :p

aviorclef said...

-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-
*******Salam ‘Blog’!!*******
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Berkunjung di malam sepi...
Thx atas kunjungannya..

Berbagi sesama blog,,thats the menaing....


-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

Wawank said...

Hemm...
Makash kak., akan saya tanggapi tanpa brkata-kata!

Wawan said...

Menarik bget bhasannya!
Aku salut ma kakak!

bang FIKO said...

Aku rasa SEO bagian dari dunia blog, Bro... Karena dengan SEO, optimasi Keyword, maka tulisan kita akan diketahui orang dan dibaca orang.
Aneka lomba yang diadakan itu menurutku sah-sah aja, karena dengan itu, para blogger berusaha untuk meningkatkan kemampuannya tentang optimasi blog mereka.
Namun tetap saja isi dari blog tersebut juga jangan sampai dilupakan. Tidak mesti tulisan kurasa.. Sekarang kan juga ada yang namanya Photo Blog atau Video Blog.
Salam kenal dan juga salam buat teman-teman di bengawan

aprillins said...

kalo saya........... hmmmmmmm...... tentang kemanusiaan yah.......... hmmm manusiawi sih asalkan artikelnya memang memiliki informasi yang bisa dibaca dan dimengerti maksudnya.. :p

vamos angie said...

Kalo aku sih, nge blog gak ada tujuan apa2 sih awalnya..cuman iseng2 aja....
isinya juga cuman cerita seputar kehidupanku doang....
aku gak bisa nulis2 yg puitis2 or gimanaaaa gitu... heheheh
trus alasan money, hmmm..aku gak dpt duit apa2 dr nge blog, malah keluar duit buat bayar voucher inet, hehehehe...

X-Blogger said...

setuja sobt.... oleh sebab itu saya melahirkan blog ini.... hiihih.. kayak manusia aja.. blog dilahirkan...
Salam Kompak dari Wannabe Blogger Bertuah, Pekanbaru Riau ....

diazhandsome said...

itu udah gw terapin dari pertama gw ngeblog. gw tau pembaca blog gw udah meluangkan waktunya untuk baca tulisan (ga penting) gw. tapi setidaknya gw bisa bikin mereka gak sia-sia baca blog gw. ya semacam itulah prinsipnya.

:D

Bunglon Blog said...

wah ne baru mantep sob!
setiap orang pasti punya tujuan yang berbeda hal yg lumrah tentunya, buat saya menjadi blogger adalah hal yg istimewa dimana kita bisa berkarya, berbagi untuk memberi...bersahabat dan menambah pengetahuan, saling menghormati dan menjaga tetap mulia dengan apa adanya...
sukses slalu sobat!

U-marr said...

klo saya sih gak tau termasuk blog apa, tapi yang pasti saya bukan blog yang money oriented karena saya sejauh ini belum mementingkan untuk memonetizkan money lewat blog.

artikel yang menarik nih mas.
sukses selalu :D

Willyo Alsyah P. Isman said...

terimakasih atas komentar sahabat di blog saya...sungguh sangat berarti

Dimas said...

yah gimana ya, tiap orang kan punya tujuan berbeda2...
saya aja awalnya membuat blog hanya niat membagi informasi tapi lama kelamaan setelah membaca dan mendengar adanya bermacam bisnis online yg ditawarkan jadi ikut tergiur juga hehe...

Pandi said...

Blog yang money oriented boleh, asal jangan hanya money oriented saja, jadi segala sesuatu jangan dinilai dengan money, itu mungkin menurut pandi.

Land of Oase said...

So true Kang Darin... komentar, apresiasi, follower, pengunjung, mungkin uang hanya sebab akibat saja. Terpenting adalah karya yang bermanfaat untuk banyak orang... memberikan inspirasi dan atau perubahan bagi kualitas hidupnya... that's our life for... salam...

dedekusn said...

Kalo sy tujuan awal ngeblog selain mele[askan kepenatan, refreshing juga sebagai sarana menambah pengatahuan. Tanpa ada tujuan lebih apalagi untuk meraup $, walau sekarang pikiran tsb mulai beribah :D,
SUkses Darin. Piss

Ngeposting ni yee said...

wkwkwkwkwk
beanar sOb, saya juga pernah ikut kontes seo, dengan menggunakan kata yang sama berulang-ulang..
jadi malu..
hehehehehe..

Mamah Aline said...

ngeblog buat saya banyak banget, award juga bisa jadi arti kita diterima dalam jalinan antar nara blog...

Abi Sabila said...

bagi saya, ngeblog adalah sarana paling tepat untuk berbagi melalui tulisan tentang apa yang pernah saya lihat, dengar atau sedang saya rasakan dengan harapan bisa memberikan manfaat, sekaligus mendapatkan koreksi apabila saya keliru juga mendapat dukungan jika ada yang setuju.

munir ardi said...

Karena memang Blogger belumlah pekerjaan utama saya mas, belum seperti endah Nasution, annie Ahira atau amanda Fahsani, jadi blog cuma untuk menulis uneg-uneg saja belum bisa menjadi agen perubahan, belum bisa merubah dunia melalui blog, tetapi satu hal nggak ada iklan ataupun mencari $ di blog saya, Salam Peace

Aulawi Ahmad said...

semua kembali ke diri pribadi, ada apa dibalik semua itu, karena semua ada tujuan :) yg penting dinikmati aja kebersamaan dan persahabatan yg ada serta manfaat yg kita rasakan :)

ALRIS said...

Betul kawan, pada awalnya adalah passion. Masalah setelah itu jadi terkenal, atau dapat duit bejibun adalah akibat saja. Salam

richo said...

pengene bisa memberikan manfaat dari apa yg aku posting, biar semuanya seneng gt. ga sia2 nyempetin waktu buat mampir ke tempatku

Bayu Lebond said...

wah...hebat bener bung yg satu iki...bahasamu itu lho bung enteng tp dalem...gw sering terheran heran dengan para bloger yg bisa merangkai kata menjadi rangkaian post yg penuh makna...gw gak bisa nulis seperti ini..n gw gak ngarti masalah SOE or keyword...gw cuma nulis yg ada dibenak gw...kalo ada orang suka ya sukur kl nggak suka ya kebangetan...mohon bimbingannya bung agar gw bisa jadi blogger yg humanis bertampang manis n gak bau amis...

Darin said...

@aulawi: betul juga, setiap pribadi punya misi masing2 juga kan? :)
@alris: passion ya, that's right.
@richo: makanya saya demen bgt ke blogmu kawan :D
@bayulebond: wah sobat ni yg lebih master :D hahahah bener2! kalo ngga ya kebangetan ya bond!

Bung Eko said...

Bagi saya, blog itu adalah karya sebagaimana halnya artikel atau buku. karena itu, sebisa mungkin isinya bermanfaat, menginspirasi pembaca. Dan, sejak awal ngeblog, saya sudah berprinsip bahwa yang terpenting adalah isi, bukan yang lain. Karena internet adalah gudang informasi, dan pembaca kita membutuhkan informasi. Soal hadiah buat pemberi komentar terbanyak, saya rasa itu semacam bentuk penghargaan. jadi, rasanya tidak masalah.

pakde kaconk said...

bener,ngeblog sejatinya menuangkan akan hasrat dan nafsu intelektulitas kita dalam hal ini adalah dengan menulis.apapun ide kita maka lebih baik segera dituangkan dalam tulisan karena jika tidak akan hilang begitu saja...
dan blog adalah salah satu media untuk menuangkan itu sekaligus kita bisa langsung melihat pendapat atau penilaian orang lain melalui komentar mereka...


makasih udah kunjungi gubuk pakde .....

Darin said...

@bungeko: pendapat bung benar adanya :) betul juga, sejenis award gitu ya pak? it's ok.
@pakde kaconk: iya pakde, media blog adalah salah satu media yg cocok untuk menuangkan gagasan. salam hangat :)

aisyah muna said...

iya...sampae skg sy msh bingung sm yg namanya SEO, terus pagerank..ga ngerti..banyak yg ngebahas..msh bingung juga..
yg saya tau..sy negblog karena saya suka nulis..biar bisa berekspresi..
saya cuma mau nulis...

Darin said...

@aisyah: lanjutkan saja aisyah, dengan menulis kita bisa benar-benar lebih mengetahui sisi-sisi kepribadian kita yang lain. setuju? :)

Ari said...

betul sekali, "reader first money would come soon" kadang kita terjebak untuk mngejar traffic dan adsense (tidak munafik, saya juga begitu) tapi yang lebih utama sebenarnya content dan kebutuhan informasi dari pada pembaca.Kalu informasi atau content kita berguna, traffic akan datang sendiri (itu keyakinan saya) tapi tetep saja kita harus promosikan blog kita, setelah promosi baru menjaga konsistensi dan mutu content.

salut sobat,
sukses selalu ya

Darin said...

@ari: hmm..konsistensi dan promosi, benar sekali sobat :) trims sudah memberi pencerahan di topik yang satu ini.
salam hangat :)

Herdoni Wahyono said...

Pandangan yang bagus dalam menyikapi 'keadaan dunia blogger' pada saat ini. Kita mesti merenung dan introspeksi pada diri masing-masing, apa yang telah kita lakukan dan dapatkan selama nge-blog ini ? Ada berbagai latar belakang dan motivasi seseorang itu nge-blog. Ekspresi diri, promosi, hiburan, bisnis online, berbagi suka dan duka dsb. Kebebasan mengemukakan pendapat, ide dan berimprovisasi dalam blog atau situs adalah hal yang mendasar.

Darin said...

@herdoni: trims, mas herdoni malah memberi benang merah yang lebih afdol ttg masalah ini :)

bandit™perantau said...

entahlah...
saya sih nge blog karena ingin mengarsipkan beberapa bagian hidup saya yang perlu saya arsipkan di blog... PR, profit dan sjenisnya lewat blog belum terpikirkan bagi saya... yg penting saya blogging dgn senang hati saja...


salam..!

Darin said...

@perantau: salam hangat sob :) itu jg masuk dalam kriteria saya ngeblog :)

julie said...

humanis atau gak saya gak tau DArin
yang penting menulis saja mengeluarkan pikiran dan sesekali berinteraksi
begitu kan? :D

Bang Koko said...

nice post sobat........

salam knl ya.......

jika berkenan silahkan mampir balik......

Post a Comment