October 18, 2010

Apapun Alasannya, Berbeda Itu Lebih Asyik!

There never were in the world two opinions alike, no more than two hairs or two grains; the most universal quality is diversity (Michel de Montaigne)
Di blogosphere, tercatat kurang lebih satu blog lahir tiap detik. Bayangkan berapa jumlahnya sekarang jika pada tahun 2005 silam saja blog yang dibuat sudah ada 14,7 juta buah? Di Indonesia sendiri pun setali tiga uang, konon diprediksi di tahun 2010 ini angkanya akan menembus satu juta blog. Buset!


Dengan jumlah blog yang mencengangkan itu, berarti hampir setiap hari blogosphere Indonesia dibanjiri oleh tumpahan ratusan ribu posting dengan topik penulisan, gaya dan perspektif yang beragam, karena tiap narablog seolah tak mau ketinggalan hadir mengusung visi dan misi masing-masing tuk menebarkan gagasan, menularkan ilmu, atau pun sekedar cuap-cuap sharing pengalaman pribadi.

Nah, kebebasan berekspresi di media blog yang luar biasa itu mau tak mau menghadirkan nuansa ke-aku-an yang tinggi, sehingga berkembang menjadi satu persepsi, bahwasanya sebuah blog adalah suatu identitas, presentasi, bahkan layaknya rumah atau galeri bagi karya-karya tulisan yang dihasilkan. Maklum, seorang blogger adalah juga seorang penulis, editor, promotor, pemelihara, sekaligus marketer, jadi istilah: ini blog gue, terserah gue mau diisi apaan pun merebak. Singkat kata, my blog my rules.

Well, memang lumrah jika begitu adanya.

Namun layaknya hidup bersosialisasi, blogger kini memiliki sense of belonging dan tenggang rasa yang tinggi, apalagi jika itu didukung oleh kedekatan dari sisi regional, hobi, kesamaan ide maupun style. Yang paling menonjol adalah kedekatan dari sisi regional, yaitu hadirnya komunitas-komunitas blogger dari berbagai daerah, seperti Bengawan, Bertuah, Blogor dan banyak lagi. Ini membuktikan bahwa perbedaan adalah sesuatu yang lazim, bahkan kurang sreg sepertinya jika di satu komunitas itu para narablognya ngeblog dengan genre yang sama. Aneh, kan?

Disinilah letak keunikannya. Perbedaan dalam visi dan misi ngeblog bukanlah suatu alasan untuk mengeksklusifkan diri, takabur, sehingga membuat kita ujub. Perbedaan-perbedaan itu adalah lem perekat yang bagus, sebagai katalisator, ruang dimana antara satu blogger dan lainnya dapat saling melengkapi dan bersinergi. Dan semuanya bermuara pada satu kata: kebersamaan.
But let there be spaces in your togetherness and let the winds of the heavens dance between you. Love one another but make not a bond of love: let it rather be a moving sea between the shores of your souls (Kahlil Gibran)
Saya jadi ngga bisa membayangkan jikalau blog hanya diperuntukkan bagi satu kalangan, satu tema ataupun satu jenis bahasa tertentu. Flat, men. Justru dengan segala perbedaannya itulah ritual blogging kita jadi makin yahud, betul?

So, apapun alasannya, berbeda itu memang lebih asyik :). Let's celebrate it!

Pendapat sobat?

53 comments:

Tip Trik Blogger said...

pertamaxxx...
salam kenal dan sukses selalu
terima kasih

Imtikhan said...

lanjutkan....

Sang Cerpenis bercerita said...

berbeda itu seni.

prawira said...

Seperti pelangi yang berwarna-warni, begitu pula dengan perbedaan khususnya tema blog. Takkan indah bila tidak beragam ^_^

faiza said...

berbeda itu memperkaya ...
senang liat blog2 yng makin semarak,aneh,lucu. dan berbagai informasi menarik bisa di peroleh..

sukses selalu pak..

TuSuda said...

Perbedaaan itu indah, memberikan banyak warna dan wawasan bersama... :)

Naribi Perkasa said...

Saya tidak pernah membedakan, blogger yang berbeda hanya isi konten yang di bahas. Begitu mungkin ya? hehe, tapi setuju banget perbedaan itu indah.

Suparyanto said...

Berbeda itu perlu, khususnya untuk membedakan diri kita dengan 14juta blogger lainnya sahabat.

Belajar CorelDRAW said...

Setul Sob,beda itu sangat diperlukan.

Darin said...

jadi, unity in diversity memang masih diperlukan ya? lalu bagaimana ya kita menyikapi gesekan2 yang ada di masyarakat akhir-akhir ini?

Agung Online said...

Apalagi saya mas. I like different. Membuat blog penu warna. Kadang juga kelelahan bercampur senang membaca artikel unik yang banyak sekali.

anna fardiana said...

betul sekali..
yang penting saling memhargai..

dan satu lagi.. buat saya blog harus ada manfaatnya...
yaitu berbagi kebaikan :)

joe said...

seperti semboyan nasional kita, bhineka tunggal ika, berbeda-beda tapi makannya tetap ikan he he...

Usup Supriyadi said...

tak diragukan lagi, saya juga sependapat :D

debhoy said...

perbedaan membuat warna indah ^^
seperti pelangi ^^

Yohan Wibisono said...

Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

four dreams said...

berbeda tapi sama (?)
salam sahabat :)

inge / cyber dreamer said...

berbeda itu unik, dan membuat kita belajar, menerima, menghargai yg berbeda dari kita dan tak memaksakan apa yg kita miliki ^^

julicavero said...

mari kita hargai perbedaan ya..lebih bagus... :D

windflowers said...

betuulll...mari kita jaga keberagaman ini...:)

aku jg ngerasa, dng blogging, komitmen tiba2 tumbuh dengan sendirinya; komit bwt ngebaca blognya temen2..jd bs nambah wawasan pula...jd blogger, selain penulis jg dia adalah pembaca...:)

Sudinotakim said...

Blogging memang mengasyikkan ya mas..

Darin said...

@windflower, saya suka kata2 itu: penulis juga pembaca :D

Kakaakin said...

Bahkan meski tema tulisan sama, ke-aku-an masing2 blogger itulah yang membuatnya berbeda. Sehingga blogwalking-pun takkan membosankan :)

Masbro said...

Berbeda itu memang indah..Dan menghargai perbedaan, satu tingkat lebih indah dari sebelumnya;Salam hangat mas;

iskandaria said...

Tapi bukan berarti kalau blog yang bertema sempit itu tidak menarik bukan?

Kalau yang dimaksudkan adalah blog satu dengan blog lainnya saling berbeda tema dan menjadi indah, saya setuju sekali. Dengan perbedaaan tema atau fokus pembahasan itulah, kita bisa saling melengkapi.

Kalau semua blog temanya bisnis online mulu, wah, bisa stress juga..hehehe

R. Indra Kusuma Sejati said...

Salam kunjungan perdaa mas, perbedaan itu memang mengasikkan. Untuk penyeimbangan dalam kehidupan keseharian.

Belajar sesuatu yang kecil akan melahirkan sebuah sesuatu yang lebih besar.


Sukses selalu.

Salam ~~~ "Ejawantah's Blog"

munir ardi said...

dan saya senang bisa menjadi salah satu bagian didalam semua perbedaan itu hidup blogger, meski tulisan aku masih awut -awutan tanpa arah

Dolanan Script Admob di Blogger said...

mangteg, injih mas darin: setuju.. pecel saja kalo sayurnya cuma bayam doang, kurang lezat rasanya.. bumi juga bisa berputar karena adanya 'perbedaan' :D

Ferdinand said...

Siip... bener bgt tuh Sob.... dimana2 perbedaan bukan hambatan justru alasan untuk menyatu iya gak hhe.... bener2 flat emank klo gaya, bahasa dan semuanya sama haha.... klo aku kayanya akan tetep nulis ngawur sob hhaa...

semangat :P

secangkir teh dan sekerat roti said...

saya juga merasa agak berbeda, tapi justru itu taste dari ngeblog :)

sepian said...

Wah kebetulan, salam kenal Bos! Ini ni..artikel yg sy cari. Manstab torehannya, dah sekian juta ya yg punya blog di ind termasuk sy baru bikin blog kemari yg ke sekian kalinya. Klo sy seneng nyeritain pengalaman pribadi dari yg konyol ampe yg sangat konyol :) dg gaya bhsa bertutur. 'SalamKetawaSukses! Ahaa..

catatan kecilku said...

Butul... butul... aku setuju sekali mas.
Perbedaan itu memberikan warna, sehingga tak lagi monoton. Asyik sekali.

the others.... said...

Nah..., blogku termasuk sebagai blog yang isinya cuap-cuap sharing pengalaman pribadi... hahaha

mas-tony said...

Asyiknya perbedaan.....

Darin said...

@iskandaria: blog bertema sempit? saya kira itu malah lebih menarik mas, karena pembahasannya lebih terfokus dan menambah wawasan pembacanya. Justru blog yang temanya gado-gado (seperti indonesianer ini) yang harus diarahkan ke sana :D

Wah, blog bisnis online lagi hehe, ya itu hak2 masing2 blogger ya mas. tapi cepat atau lambat semua blog sepertinya akan mengarah kesana. betul?

Asop said...

Benar, berbeda itu seru, yang penting tetap menjaga etika internet dan gak memperolok SARA. :D

John Terro said...

"Dengan jumlah blog yang mencengangkan itu, berarti hampir setiap hari blogosphere Indonesia dibanjiri oleh tumpahan ratusan ribu posting dengan topik penulisan, gaya dan perspektif yang beragam, karena tiap narablog seolah tak mau ketinggalan hadir mengusung visi dan misi masing-masing tuk menebarkan gagasan, menularkan ilmu, atau pun sekedar cuap-cuap sharing pengalaman pribadi."

saya juga bikin entri intinya juga mengusung sebuah pemikiranku yang berbasis keintikalian :D

pendarbintang said...

Saya hanya butuh tempat menumpahkan uneg-uneg karena tulisan yg disimpan di hardisk komputer atau laptop sering hilang, dan kebutuhan saya berkembang menjadi butuh teman sharing berkembang lagi menjadi butuh...apa yah?

He he he


*sulit comment serius*

Nyun-nyuN said...

hmmmmmmmm.. aku bersyukur karena menajdi salah satu dari bagiannya, menjad blogger gak pernah menyesal itu mungkin yang wajib di katakan oleh semua blogger hehe, met sore mas darin ^.^

Muhammad Taqi said...

emang asyik..

apalagi nyeleneh dari kebiasaan :)

Bunglon Blog Indonesia said...

keanekaragaman membuat suasana menjadi lebih berwaarna, setiap orang mempunyai ciri khas masing² namun semua menjadi satu kesatuan yang hebat

aldy said...

Berbeda itu membuat warna dan dinamika, seperti riak air di sungai. Kalau hanya datar-datar saja, sepertinya kurang menggairahkan :D

dedekusn said...

Setuju pisan kang... kita juga terhair karena perbedaan.
Visi misi ngeblog tiap indivudu pastinya beda2 dan itu membuat dunia blogging menjadi smakin variatif & hebriinggg

ARUS RASYID said...

Bhineka tunggal ika, saat ini kayaknya lebih tercermin di blogsphere ya, ketimbang dalam kehidupan sehari-hari, buktinya belakangan ini banyak perbedaan yang memunculkan permasalahan. Bentrok antar penganut agama satu dan lainnya, bentrok antar suku, antar kampung dsb. Mungkin masyarakat kita yang suka bentrok itu perlu diajak bikin blog agar mereka tahu bahwa perbedaan itu sesuatu yang indah? He he he...

Darin said...

arus rasyid: mantap bener idenya pak, hahaha! salut :D

Caride™ said...

yupp..perbedaan itu memang Indah sebenarnya...
jadi lebih bervariasi dan tidak membosankan, apalagi saya punya 5 blog kalo di hitung dari thn 2006 tp sayangnya cuma aktif 1 blog.
kunjungan persahbatan...salam kenal

Elsa said...

kalo gak berbeda, pasti bosen.
apapun itu
ya Kan...

karena Tuhan menciptakan kita berbeda beda
agar kita saling belajar

Jasa Seo said...

benar sekali,perbedaan itu sangat asyik sekali

Darin said...

@caride: salam kenal kembali sobat :)

@elsa: berbeda-beda agar saling belajar..hmm, bagus mbak :)

aGus_iki said...

wah benar sekali sob.. Ibarat bumbu masakan, perbedaan seperti jenis dan macam2 bumbu yg sebenarnya sangat berbeda rasa maupun aromanya hingga dicampur aduk menjadi satu.
Maka jadilah masakan yg lezat

Darin said...

aGus_iki, berarti main di blogosphere cepet laper dunk, hehe

BLOG SANTAI ♪ ♫☼ said...

@Darin: benar sob... cepet lapar akan ilmu2 baru yg senantiasa makin banyak aja ilmunya.. Hehe :)

Btw sy si aGus_iki,

Darin said...

blog santai, hahaha, iya ngerti, saya tau dari avatarnya yg 'smile' itu. Tu dah keunikan tersendiri :D

Post a Comment