April 10, 2010

Pentingnya Profil (Yang Tidak Biasa) Pada Blog

Oleh blogger tamu: Eldo A. Pradana | dindingcoret.com
Hari ini aku nulis sebuah catatan kecil untuk sobat aku, Mas Darin di blognya Indonesianer. Catatan ini ditujukan bukan untuk menghakimi, menjelekkan, atau memuja siapapun dan apapun. Catatan ini ditujukan hanya untuk memberikan masukan bagi blogger-blogger Indonesia khususnya dan pemuda-pemudi Indonesia pada umumnya.
Blog merupakan sebuah diary kecil di dunia internet yang mempunyai topik pembahasan yang bermacam-macam yang pada saat ini sudah bukan suatu hal yang asing lagi di telinga sobat. Ya, banyak orang yang tidak tahu blog kemudian menyentuh blogosphere dan akhirnya menjadi blog addict (seperti saya, hehe). Blog itu mengasyikan koq, bener!! Suer!!

Berkembangnya blog semakin memberikan warna dalam dunia internet dan dunia persahabatan. Banyaknya widget pada blog yang menyediakan jasa untuk chat seperti ShoutMix, Twitter Follow Me, YM! Status, dan lain-lain, semakin memperbanyak kesempatan untuk berinteraksi antara si pemilik blog dan si tamu untuk menjalin hubungan yang lebih lanjut. Dan aku yakin sobat pasti pernah mengalami pengalaman mempunyai teman dari blog.

Aku suka berteman, aku suka berteman dengan orang-orang yang hebat, dan aku juga suka berteman dengan blog dengan pemiliknya yang cantik (ya karena aku laki ^_^), tapi alangkah kecewanya aku ketika melihat dalam tulisan profilnya (yang berfoto orang keren dan cantik) bertuliskan begini:
Hanya seorang wanita biasa dalam hidupnya yang biasa dengan blog yang biasa, mata yang biasa, kecantikan yang biasa, motor juga biasa aja, rumah pun biasa juga, pengalaman juga biasa-biasa aja, bla...bla..bla.. (ini semua biasa)
Pertanyaannya kenapa sih kita harus selalu jadi orang yang biasa? Profile description di atas sangat biasa dan tidak ada suatu apapun yang luar biasa didalam kata-katanya. Haduh, cantik-cantik koq ternyata biasa...

Seth Godin pernah berkata, "Jadilah sapi ungu dalam kumpulan sapi biasa". Apa maksudnya? Ya agar kita lebih menonjol di antara orang-orang kebanyakan. Jangan salah, setiap orang memang punya kekurangan dan kelebihan, tapi bukan berarti kekurangan - kelebihan = 1 - 1 yang hasilnya = 0. Kekurangan ya kekurangan, harus diperbaiki. Kelebihan ya kelebihan dan harus ditingkatkan!


Ingat juga, sebuah afirmasi (dalam bahasa Indonesia diartikan dengan penegasan. Afirmasi mirip seperti doa, harapan atau cita-cita) dalam diri kita yang mengatakan bahwa kita adalah orang biasa, maka terkabulah kita jadi orang biasa. Jadi kenapa kita harus memberika afirmasi biasa kalau kita bisa memberikan afirmasi LUAR BIASA pada diri kita. Hidup itu cuma sekali, lakukanlah hal-hal yang luar biasa di luar sana.

Narsis? Biarin! Lebih baik narsis (pede) dari pada minder, dan ini juga bukan sombong. Ini hanya sebuah kegiatan kecil yang tidak pernah dilihat orang untuk menghargai diri sendiri. Hargailah diri sendiri dan sobat akan dihargai orang lain.

Jadi kenapa tidak untuk mengganti profile description sobat yang tidak biasa mulai dari sekarang?

47 comments:

inge / cyber dreamer said...

wah... inspiratif...

dimana2 kalo nulis about me, aku selalu nulis just a simple person ^^

mungkin g perlu diganti sie, pengen aku tambahin he he...

oia, setuju bgt ama : lebih baik narsis drpd minder :D
*yah maklumlah ingenya narsis jd setuju, mungkin itu batin mas Darin >.<*

aryadevi said...

ok, dapat dimengerti...
ok, bisa dipahami...
ok, boleh diikuti...
OK, salam Blogger

Ratasoe said...

Setiap org bda2 pribadix sob, ;-)..mungkin kata biasa brmaksud merendhkan "diri", biasa dlm ucpan tdk biasa dlm pandangan..trims ya

Sou Stalker said...

Setuju ama ratasoe,tiap orang punya cara sendiri untuk mengekspresikan dirinya. Saya juga nulis "cuma cwo biasa" di profil,kenapa ? ya karna saya memang orang biasa,tidak ada yg bisa di tonjolkan,memang saya bisa sedikit komputer,tapi saya tidak mau dianggap "master",karna prinsip saya,masih ada langit,di atas langit. Jadi mungkin ungkapan "cuma org biasa" ntu netral,bukan MINDER,saya pribadi lebih suka di nilai sbg cowo biasa,tetapi ketika melakukan sesuatu,hasilnya luar biasa. Salam.

dinoe said...

setuju mas..jangan lemahkan kelemahan diri menunjukkan kepada orang lain...tunjukkan sisi terbaik yang ada pada kita, tutupi kelemahan kita dengan sisi baik itu......

ika_SweetyOrange said...

bukan halyang aneh jika manusia punya kekurangan bukan hal yang mustahil jika manusia punya kelebihan tapi, bukan berarti kelebihan dan kekurangan itu harus tersimpan rapi dalam sudut ruang yang sempit...hmmm..
tapi kelebihan itu gak perlu diungkapkan dengan kata2...yg penting apa yang dilakukan...
talk less do more lahh...

Nyach said...

Salam jumpa mas Darin, aku pingin beda tapi kok seperti pamer kebodohan ya dipostinganku, hiks hiks, curhat sob

Nyach said...

Iya bener sob, tapi aneh ya kalau profile lengkap kok isinya singkat

Kumpulan Tutorial Ngeblog said...

lebih baik merendah Sob... terlalu narsis atau kepedean juga ngga baik... jadi harus seimbang...

OEN-OEN said...

biasa dalam kacamata orang lain belum tentu biasa bagi orang lainnya khan ya, hehe... salam kenal dari blogger biasa yang beranjak menjadi luar biasa

lyna riyanto said...

Pertama kali saya masuk ke Indonesianer
yang saya lihat adalah halaman profile
saya sangat kagum dengan keberanian menuliskan riwayat hidup seperti yang dilakukan Mas Darin
tidak ada rasa sedikitpun untuk menilai bahwa ini narsis, pamer atau apalah namanya

menurut saya setiap orang punya gaya dan cara masing2, itulah yg membuat sebuah blog menjadi unik

Sukses selalu tuk Mas Darin :)

pakde sulas said...

yang harus diingat bahwa kita ini sebagai bangsa timur yang sangat patuh pada teposliro, sehingga kita merasa tidak pantas untuk menonjolkan diri dan bersikap sombong, sehingga sekaya dan sepandai apapun kita tetap tidak suka menunjukkan pada orang lain

UNTUK MAS DARIN

sungguh suatu kehormatan jika pakde diundang untuk menjadi penulis tamu,tetapi dikarenakan sesuatu hal pakde belum bisa menerima undangan Mas Darin, dan pakde mohon maaf sebesar-besarnya.

Ra said...

haha
bener juga y mas, tapi biasanya aku suka ga pede nulis panjang2 di profil... :p

tomo said...

Memang profil harus dipasang kawan.biar tahu gimana kawan blog kita.tar dikiranya cow ternyata eh..cewek...la wong dia pake nama blognya tiap berkunjung

uswah said...

waduh blogku belum ada profilnya sob

Eldo Arfendika P said...

@ Iyna Riyanto : Terkadang sebuah penilaian tidak melulu harus melakukan penilaian secara mendalam seperti ungkapan "Just look the book from the cover". Memang itu sebuah ungkapan yang sangat indah dan sangat benar dan tidak dapat dibantah. Pertanyaannya, mau melukiskan apa kita dalam Cover kehidupan kita?

aktifis sandal jepit said...

mantep ni.biarin narsis dari pada minder...
kalo kita gak nunjukin tentang kita,bagaimana orang lain tahu tentang kita...
semangat sobat..

Epenkah said...

Halaman profil memang banyak digunakan sebagai perkenalan basa basi bagi kebanyakan blogger yg selalu menyembunyikan identitasnya yg sebenarnya.. :-)

Clara said...

profile description ku tentang seorang melankolis karena begitulah aku. entah apa pandangan org, kelebihan atau kekurangan, yg jelas aku memang melankolis

aldy said...

Berbakat menjadi motifator.
Profile Description kelihatannya sederhana, tetapi sungguh tidak mudah mendriksikan diri sendiri. Mungkin minta teman menuliskannya kita yang mengkoreksinya, salah satu cara yang bisa ditempuh. Pis.

faiza said...

baik om..itu masukan buat saya hehe..(karena di profil saya juga gitu.."biasa") untuk menjadi luar biasa

salam luar biasa

Edwin's Personal Blog said...

Deskripsi profil pada blog memang menentukan. Image pemilik blog ditentukan dari profil blognya. Tapi bagaimanapun semua berpulang ke selera pemilik blog itu sendiri. Trims sharingnya sobat..

Darin said...

@pakde sulas: saya kurang tau makna yang terkandung dari tepo seliro budaya timur. Tapi memang benar bahwa kita tak boleh sombong, dan perbedaannya dengan percaya diri memang tipis, itu tergantung perspektif yang melihatnya.
Saya rasa, selama kita jujur dan apa adanya, dan membuka pada dunia dengan kelebihan2 kita, bukan mustahil bisa menginspirasi orang lain.
Hmm, ada pendapat lain?

Kang Romly said...

yap betul tuh....Profil yang ga biasa akan membuat orag lain penasaran...apalagi kalo ganteng kayak saya ya mas...( muji n PD amat )...
maksih ya mas kunjungannya n tukar link gmn?..d tunggu responnya mas...

dofollow PR 4 said...

makasih motivasinya mas

netmild said...

gue ga mau jadi sapi yang pastinya gan..hehehe

sakurata said...

"jadilah sapi ungu dalam kumpulan sapi biasa" bisa diterapkan dalam PDKT ke kaum hawa juga kayaknya :D

Pandi said...

Pencerahan, jadi lebih semangat blogging nich. Terimakasih atas suntikan semangatnya..

Kang Sugeng said...

yo wis kalo gitu salam kenal aja dari saya...

Bahauddin Amyasi said...

HAhaha...
Biasa, tak biasa atau luar biasa?
Yang mana yag harus dipilih?
Terus apa saja kreteria dan distingsi yang membedakan antara biasa dan tak biasa atau luar biasa?

Hehe...

Munir Ardi said...

aku malah nggak punya profil diblog
wah tambah dinamis blognya udah punya penulis tamu

Fais cWaKep said...

inspiratif sob..
bener tu blog asyik bnget tuk d jadi_in tmpat tuk berbagi dan bersilaturahmi..

Gus Ikhwan said...

ispiratif kang,
profil di blog aku lengkap samapi prestasi kaya nbiodata
mampir balik ya ada postingan baru seputar kamus blogging dan nit

secangkir teh dan sekerat roti said...

saya sapi merah aja dah kalo gitu...

ato saya lebih suka sapi kuning dah :)

Budi Mulyono said...

Kata biasa bukan berarti menjadi biasa, tetapi menjadi orang yang rendah diri dan tidak sombong. menuliskan yang luar biasa semoga memiliki niat untuk motivasi yang lain, juga bisa menjadi kebaikan...

Salam sahabat dari Balikpapan.

Darin said...

@budi mulyono: saya kira itu benar adanya, tapi untuk yang menganggap blog sebagai referensi/perpanjangan curriculum vitae pribadinya, itu harus difikir ulang. hmm, semua memang tergantung perspektif yang melihatnya :)

kang tejo said...

hahahhah ternyata harus narsis ya?tapi g tahu kenapa klo masalah profil saya males ngurus..
tapi thanks masukannya bos...

klo saya narsis cukup dipostingan saja heheheh

siroel said...

biasa, memang sebuah kata yg luar biasa *lho?*

Hendriawanz said...

budaya timur kali ya. semua memiliki proses masing-masing sepertinya,anyway trims artikelnya.

Ello Aristhosiyoga said...

Emang sih, sebagai Blogger, kita memang harus berbeda!

kampret said...

berkunjuuung ^_^


saya agak pemalu sebenernya, tapi di blog saya bisa narsis, senarsis-narsisnya..karena saya sangat luarbiasa, saya pengen blog saya tampil beda.. lebih percaya diri dan keren hehhee *amit-amit :D*

--Tuhan, ampuni aku udah berkata2 seperti ini, tapi inilah apa adanya saya ..---

hehhe

salam kenaall ^_^v

Alrezamittariq said...

siap mas....
kuganti profil desc ku deh sekarang...
want to be purple blogger....semangattt...

Bung Eko said...

Setuju banget! Karena blogosphere adalah dunia anonim alias tidaksaling kenal, maka mengenalkan diri menajdi wajib hukumnya. Dan, profil yang tidajk biasa bisa jadi cara ampuh menarik perhatian blogger lain untuk mau berkenalan dengan kita. Bukannya bermaksud sombong atau riya, tapi apa salahnya berharap yang terbaik untuk diri sendiri? :D

ureh said...

bagaimana bila kekurangan orang tersebut digunakan sebagai kelebihannya?mungkin lebih unik lagi, jadi sapi pink kali ya:D

Elsa said...

ada benernyaa
tapi aku belom sepede itu. hehehee

ahmedfikreatif said...

tapi itu namanya rendah hati ...


orang punya cara tersendiri

suhairi anwar said...

aku mulai sedikit berani belakangan ini nulis profi di blog. ga tanggung2, kerjaan masa kecil pun dicantumin disana. hehe...

Post a Comment