Hmm, weekend telah usai, saatnya tancap gas memenuhi quota panggilan hati tuk meng-update sepatah dua patah kata :)
Oops, bentar. Ada yang nambah di sidebar blog ini, google page rank button! Setelah beberapa hari yang lalu blogosphere terasa panas, yang mungkin telah menjurus pada demam inspeksi mendadak dari google, saya iseng-iseng mengecek page rank blog ini yang sedari dulu masih ngendog di kelas nol besar. Dan hasilnya, naik kelas 3! Hey, what's going on here? Saya bingung. Apa di google juga ada kelas akselerasi? Hmm..
Ok, tinggalkan pertanyaan itu, kita langsung saja melanjutkan postingan episode pertama, yaitu membahas bagaimana agar blog kita bisa stand out from the crowd, alias berbeda dengan blog-blog yang lain?
Konten yang Bagus
Sepertinya tak habis-habis faktor ini diulas. Namun bila ditilik dari perspektif berikut, mungkin semua jadi wajar adanya: sebuah konten adalah nyawa dari blog. Kenapa? Saya tanya balik, memang ada blog yang tak ada isinya? :D
Dan konten yang bagus, saya rasa tak memiliki definisi yang jelas, sebagaimana kita mendefinisikan 'buku yang bagus' atau 'film yang bagus', benar? Setiap orang memiliki penilaian tersendiri, karena bisa jadi suatu konten dinilai luar biasa oleh satu orang, dan dinilai basi oleh yang lainnya. So, why is it so complicated? Saya fikir ada benarnya. Tiap pengunjung dalam menilai relevansi sebuah konten biasanya bergantung pada hal-hal berikut:
Kepribadian. Konten yang mengulas tips dan trik, blogger hack, tweaking template dan semacamnya, tentu menarik bagi sebagian pengunjung, asing untuk sebagian yang lain.
Kebutuhan. Orang yang sering ber-online ria tentunya memprioritaskan sarana ini tuk mencari apa yang menjadi point of interest. Lewat search engine, blog yang direkomendasikan atau pula surfing acak, sebuah konten bisa begitu hebat, bisa pula dilewati, tergantung tingkat kebutuhannya.
Topik hangat yang sedang ramai dibicarakan. Topik sama, namun gaya penyajian berbeda, itu nikmatnya blog. Boleh-boleh saja meniru gaya jurnalis ala detik atau kapanlagi, tapi bila perspektif atau sudut pandang yang kita berikan sama, saya kira itu bukan ide yang bagus. Blog adalah suara kita, opini personal, perpanjangan kepribadian.., or whatever, yang sejatinya berisi penuangan dari alam fikir kita masing-masing. Be different, tawarkanlah sudut pandang yang berbeda, itu akan lebih mewarnai blogosphere, dan - tentu saja - memanjakan pengunjung plus memberi nilai lebih.
Gaul and Gaul
Kadang-kadang hal yang membuat orang bisa lebih mengenal kita karena mereka terlalu sering berpapasan dengan kita. Bisa di jalan, di pertemuan, acara-acara tertentu, atau memang sengaja janjian. Jika di dunia online, mungkin itu bisa berupa komentar di blog-blog sahabat, media sosial seperti facebook dan twitter, forum-forum, dan apapun itu. Jika sering bersosialisasi, cepat atau lambat kehadiran kita akan dikenali, dan mungkin tak butuh waktu lama bagi orang lain tuk berniat mengenal kita dan blog kita secara lebih jauh.
Cintai Pengunjung yang Loyal
Mungkin untuk lebih komprehensif, sepertinya saya harus mengajak sobat ke rumahnya Bung Eko. Ia salah satu tipikal blogger yang masuk dalam kategori ini, mencintai pengunjung yang loyal. Tak tanggung-tanggung, buku dan kaos cantik jadi jaminannya! Exciting!
Ya untuk permulaan, bentuk kecintaan ini bisa berupa penghargaan yang bersifat one on one communication. Mengirim email pada komentator yang kompeten di blog kita, tuk sekedar mengucapkan terima kasih atas partisipasinya, dan merekomendasikan blog sahabat pada postingan pun tak ada salahnya. Dengan ini lambat laun akan terbentuk loyalitas, kepercayaan dan hubungan yang lebih intens, yang mungkin akan lebih efektif daripada kita menembak ribuan pengunjung namun dengan hasil yang minimum, dan tak menjanjikan sebuah true relationship.
Ekspresikan Opini
Seperti yang telah diulas pada sub konten, tiap blogger adalah individu yang unik, dengan pola pikir dan kepribadian yang berbeda satu sama lain. Disini sebenarnya seni menulis sangat berperan penting. Menuangkan gagasan, pesan dan opini ke dalam deretan kata, adalah proses yang menjadi gambaran utama sebuah job description untuk seorang blogger.
Dan salah satu yang membedakan satu dengan yang lain adalah keberanian tuk menyuarakan opini. Yah, namanya juga opini, ngga selalu merupakan sesuatu yang harus exact atau benar-benar seratus persen betul. Bila ada argumen, tuliskan. Jika ragu, ungkapkan. Dan bila belum tahu, tanyakan. Simple. Ingat, blog adalah komunikasi dua arah, bukan? Share your opinion!
Sense of Visual
Tak diragukan lagi bahwa kita selalu beraktivitas dengan menggunakan dua sisi otak, kiri dan kanan. Kiri bersifat logis, rasional, analitis dan obyektif, sedang otak kanan bersifat acak, intuitif, dan subyektif. Disini penempatan gambar, foto, diagram, atau mungkin video akan memberi nilai tambah pada sebuah konten, karena otak kiri dan kanan dapat saling bersinergi. Bosen juga kan kalau baca blog isinya teks melulu?
Now...
Saatnya beraksi! Tips-tips di atas hanyalah sekedar pemicu adrenalin, pelumas sendi dan pemantik mesin virtual, yang saya yakin sobat semua sudah memiliki kapasitas dan caranya sendiri-sendiri. It's all yours.
And finally, blogosphere semakin lama akan makin ramai, nah bagaimana cara sobat tuk lebih menonjol dari yang lain?
(image credit)
April 4, 2010
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
17 comments:
pertamaxxxxxxxxxxx
obegitu...thx infonya mas...
Brkunjung sob, wh PR Blogx naek ya mas, slamat yo ;-)..
tampil beda !!
be different...
artikelnya bagus, selamat buat PR nya sob
met malam yah ^^
Malam Mas... Salam kenal. Infonya bagus.
saya setuju bgt dah sama tips diatas gan !
met malam ya gan,wes bengi ki,aq arep turu sek. .hehehe. .
oh iyah,slamat PR nya ! pancal teruss !! Hahahaha. .
yo wes,aq arep turu tenan ki.
blog anda memang different dengan yang lain, selamat ya PR nya mas Darin
sip neh tips2nya, selalu bermutu....
Mantab neh tips2nya... makasiihhh... :-)
Kontent yang bagus akan sering di hampiri untuk di baca kawan
selamat ya sob buat PR nya....
TERIMAKSIH TIPSNYA SALAM MAAF TERLAMBAT
wah selamat nih udah naik PRnya.. saya mandek terus di PR 4
Wah, sangat berguna untk newbi seperti saya. Thanks yak.
Makasih bro oase-nya. Segerrrrr... saya pernah baca sekilas mengenai Red & Blue Ocean, tentang marketing sih... tapi erat juga kaitannya dengan yang blogosphere.
Menurut buku itu, kalo mau berhasil emang kita ga bisa terus menerus "perang" di red ocean, secara disana para "pemaen" juga sudah bejibun. Tapi kita kudu selalu bikin blue ocean. Berbeda dan dibutuhkan orang lain. Sulit? Kalo mau dilihat sulit ya pasti sulit. Tapi kalo mau dilihat BISA, PASTI selalu ADA JALAN. Makasih bro sudah berkunjung di pagi hari, salam hangat dari neger Kangguru...
@landofoase: salam balik dari Indonesia :)
Post a Comment