February 14, 2010

DoFollow? NoFollow? Just Say Helloow!

Efek hiatus yg pernah saya kemukakan dulu masih juga nempel. Paling gres di awal-awal tahun ini adalah polemik tentang status blog yang dofollow atau nofollow. Weh, apaan lagi tuh? Saya yang masih pusing dengan istilah-istilah traffic, PR, SEO ini makin lieur.


Dari Oom dan dari blog-blog senior lainnya saya sedikit-sedikit ngeh, dan lagi-lagi masalah traffic blog dan PR yang jadi sorotan. Saya jadi mikir, sebegitu pentingnya kah? Lalu apa pengaruhnya? Saya termasuk blogger yang ga terlalu peduli dengan itu. Ga terlalu lho, dikit-dikit sih masih peduli. Buktinya tu histat ma banner PR numpang disini juga, hehe. Ga munafik lah, saya juga manusia biasa :)

Terbersit dalam fikiran, sebenarnya apa sih arti dalam angka-angka itu? Pages, Page today, Visit, Online.. Yang saya tahu itu adalah manusia-manusia juga, yang karena aksinya diintegrasikan ke dalam angka-angka. Kalau ga ada manusia yang mampir ya tentunya ga ada angka. Masa iya ada zombie yang ikutan online juga? *ngakak* Jadi apa point-nya? Blogger juga manusia! *koq saya jadi rada ngawur gini, cek jidat, ternyata memang agak-agak anget akhir-akhir ini :D*

Apa sih artinya blog tanpa pembaca? Karena adanya pembacalah blog itu jadi hidup. Kalau cuma untuk kesenangan pribadi, it's okay, namun saya ragu ada blogger yang hanya ngeblog untuk dirinya sendiri, and not give a care at all to anyone (eh, ada ga sih? kalo ada jangan tersinggung ya :D). Karena pada dasarnya kita manusia senang berbagi, dan dengan itu kita bisa memanusiakan diri kita sendiri. Dan ilmu yang dibagi takkan pernah habis, bahkan justru akan semakin bertambah. Setidaknya itu saya buktikan sendiri di dunia pekerjaan, entah kalau di dunia blog, lha wong saya masih berupa thukul koq :)

Kembali ke topik utama, dofollow maupun nofollow hanyalah semacam prinsip. Pilih yang mana pun ga bakal merusak tatanan, karena memang itu bukan pilihan statik seperti halnya hitam dan putih.

Bagi saya, tidak masalah blog Anda do or not to be followed. Blog Anda bagus, automatically I will say Helloow! :D

Sumber gambar: Broncu

17 comments:

fai_cong said...

saya kembali lagi kang....
wekkekek....

'Ndrey said...

nice blog, salam kenal juga :)

Darin said...

@faicong: pelanggan utama nih, haha
@ndrey: trims sob :)

fai_cong said...

Hu uh kang....
Ngintip bentar...
Siapa tau ada yg baru.
Hihi...

Darin said...

Baru aja mau diposting cong :) Keep the spirit bro, oks!

Lulus Sutopo said...

Artikel dan info2nya sangat bermanfaat tuk dismak..
slam kenal dan sukses selalu

munir ardi said...

Saya juga tidak mempermasalahkan dofolow atau bukan pokoknya perbanyak teman

Beauty and best said...

saya orang baru mas jadi cari teman sebanyak-banyaknya I don't care with dofollow or nofollow

Tongkonan said...

Setahu saya dofollow or nofollow sangat erat hubungannya dgn seo. Jd bagi blogger yang seo oriented (mencari traffik dari search engine) akan sangat memperhatikan hal ini.

Darin said...

@lulus sutopo: trims sobat, salam hangat :)
@munir ardi: setuju sob, mungkin ini hanya ada kaitannya dengan SEO ya.
@beauty and the best: sama dengan saya sob :)
@tongkonan: wah sobat malah lebih tau :) bisa banyak belajar nih :) Trims sobat.

fauzan upz said...

setuju sob,, kunjungan bisa mempengaruhi hidupnya blog.. saya rasa semakin banyak dikunjungui semakin menyenangkan,, karna kita akan merasa dapat penghargaan, dan tentunya komunikasi yang terbawa secara tidak langsung itu yang paling penting dalam blog hhee..
salam kenal ya,,

Darin said...

@fauzanupz: jalinan komunikasi, mungkin itu yang penting ya sob :) bagaimanapun juga, ya itu tadi, blogger juga manusia :) salam hangat.

Dofollow Blog Community said...

Betul sob.. do or no follow hanya sebuah pilihan sing penting kan traffic alias pengunjung.. .. utk apa pr tinggi kalau sepi pengunjung ... hehe siip makasih atas kunjunganya

Saung Web said...

Setuju 100 % sobat... yang penting bagaimana kita berbagi antar sesama .. ngeblog bagiku bukan kegiatan utama. hanya sekedar selingan bila sempat n mood.. hehe..

Darin said...

@linktea: setuju sob :)
@saungweb: berbagi, mungkin itu intinya ya sob :)

roshid irfani said...

okey banget info Sob..thanks ya,,,,

Land of Oase said...

makasih sob... jadi punya persfektif lebih luas tentang DO dan NO ini hehehe... salam hangat...

Post a Comment