February 13, 2010

Giliranmu Zhirkov!

Cideranya Ashley Cole menuai harapan pada pemain kidal asal Rusia ini, Yuri Zhirkov. Sebenarnya saya agak ragu saat Chelsea merekrutnya untuk kontrak 3 tahun dari CSKA Moscow musim panas lalu. Yah, maklum, notabene klub setajir Chelsea kudunya narik pemain yang setidaknya didengar gak asing di telinga. Dan Zhirkov? Yang mana sih?

Zhirkov lahir di kota kecil, Tambov, sekitar 430 mil sebelah tenggara Moskow, Rusia, pada tanggal 20 Agustus 1983. Karir sepakbolanya sudah dimulai sejak ia berumur 10 tahun, dan sejak tahun 2001 resmi bermain untuk Spartak Tambov, klub lokal yang merupakan klub Divisi III Liga Rusia. Pemain yang biasa beroperasi di sisi kiri lapangan itu menorehkan 26 gol di 74 penampilannya bersama Tambov. Tak heran, tiga klub besar ibukota, Spartak, Locomotive dan CSKA Moscow berebut meminang pemain berpostur 185 cm/75 kg ini. Dan Zhirkov memilih yang terakhir, CSKA.

Terbukti pilihannya tepat. Di CSKA kemampuannya berkembang pesat. Ia bisa bertugas sebagai gelandang ataupun bek dengan dribbling yang akurat. Tercatat 15 gol dicetak di 139 penampilan dan membawa CSKA menjuarai piala UEFA tahun 2005. Piala Liga Utama Rusia direngkuhnya bersama CSKA dua tahun berturut-turut, yaitu tahun 2005 dan 2006.

Zhirkov ikut membela Rusia hingga ke semifinal di Euro 2008, dimana mereka dikalahkan Spanyol. Namun ia tetap berkibar dengan masuk nominasi tim impian Euro 2008 sebagai bek kiri.

Bersama Chelsea, Zhirkov langsung tancap gas, mencetak gol ke gawang AC Milan saat tur pramusim di Amerika hingga cidera lutut membawanya pulang ke Inggris lebih cepat. Tak lama, September 2009 ia tampil lagi dan membawa Chelsea menang 1-0 kontra QPR di Piala Carling. Sejak itu Zhirkov menjadi pelapis Ashley di Liga Primer dan menjadi starting eleven di setiap pertandingan Piala FA dan Carling.

Saya harap Zhirkov cepat menemukan form terbaiknya, dan saya rasa inilah saatnya. Go Blues! :D

11 comments:

Clara said...

penggemar chelsea ya? hehehhe...benernya ga ngerti bola, sih...jadi saya mengamini saja untuk si Zhirkov itu ya

fai_cong said...

saya penggemar chelsea dari dulu kang....
mantaf infonya..
lanju.u.u.u.u.u.t
:D

Belogger Prost said...

hadir sahabatku...mantap infonya

soewoeng said...

giliran diriku kapan ya?
salam kenal dari nebies bos
mbok diriku diajarin ngeblog bos

kosong said...

tulisanya hebad

albertus goentoer tjahjadi said...

ayo Zhirkov kamu bisa walau aku sebenarnya pendukung sejati MU yang notabene musuh CHELSEA... ngomong2 njagoin siapa nih mas untuk juara EPL tahun ini?

munir ardi said...

sebuah info olahraga yang mantap I love MU

vany said...

oh, org rusia ini pemain chelsea ya?
saia jd ingat sepupu saia yg ngefans bgt ama chelsea....hehehe

*slm knl dan makasih udah mampir di blogkuw ya*

Darin said...

Sepertinya kudu klarifikasi dulu nih. Betul, saya memang fans chelsea, go blues! :D
@clara: makasih dan kayanya doamu manjur. Tadi malem the blues sikat Cardiff 4-1. siip :D
@faicong: ahaa ktemu blues mania juga nih! sip bro!
@belogger: makasih dah berkunjung, salam kenal sob :)
@soewoeng: sy baru aj brkunjung k blogmu. wah kebalik namanya, kudunya saya yg hrs belajar banyak dr sampean hehe. Trims dah mampir wung!
@kosong: Anda ini benar2 soewoeng atau memang mau nyaingin soewoeng? wah2 saya jd bingung :) But, trims dah mampir ya, makasih kritik dan sarannya.
@albertus: wow ada fans MU nih, gpp hehe, bnyak jg tmen kntor yg fans MU pak, dan biasany kita ejek2an haha. Wah klo njagoin EPL ya teuteup Chelsea atuh Pak :D
@munir: masih tetap mantap blog Anda. saya banyak dapet pencerahan dari sana :) Trims dah mampir.
@vany: begitulah van :), eh jangan2 sy sepupumu, sepupu jauuuuh maksudnya :D salam kenal juga Van.

SeNjA said...

berkunjung ke rumah teman baru,salam kenal sobat ^^

terima kasih sudah berkunjung ke rumah ku ya.....

Darin said...

trims Senja, ya, kita bisa saling berkunjung nih :)

Post a Comment