April 26, 2010

Book Review: 7 Langkah Mudah Mencari Uang Lewat Blog

Buku ini sebenarnya sudah menjadi incaran saya sejak sebulan terakhir. Tadinya ngarep banget dapet secara gratisan lewat jadi top komentator di blognya Bung Eko (bungeko.com). Tapi berhubung otak dah kadung gatel, akhirnya di malam minggu kemarin yang tumben cerah, jadilah kaki ini mengantar saya ke salah satu toko buku ternama yang hanya berjarak seseberangan jalan dari rumah.

Hupla, ternyata gampang sekali menemukan buku yang berjudul 7 Langkah Mudah Mencari Uang Lewat Blog ini. Ia sudah tergeletak pasrah bersama puluhan buku bertema sejenis di rak berkategori internet. Beruntung, karena cover-nya yang terkesan ala chicklit (meriah abis men!), buku itu seperti menari-nari memantulkan keceriaan tersendiri. Ah, apa perasaan saya saja ya, karena begitu mengidam-idamkan buku tersebut? *hehe*


The Author
Eko Nurhuda, begitu nama pengarangnya. Pria kelahiran 27 tahun lalu ini telah menjadi blogger sejak tahun 2004. Sempat mencicipi dunia jurnalistik sebagai reporter di mingguan Malioboro Ekspres dan reporter magang di Harian Jogja, beliau pun telah menerbitkan beberapa ebook yang mungkin sobat semua sudah pernah membacanya. Panduan SponsoredReviews untuk pemula, Ngeblog Untuk Dollar dan Panduan Custom Domain Blogger adalah beberapa dari ebook yang beliau sebarkan secara gratis.

Secara pribadi, saya mengenal Bung Eko lewat pertemuan sesama blog asing yang teramat lumrah di ranah blogosphere. Ya, kalau ngga kebetulan, ya nyasar :). Entah siapa duluan yang kesasar, namun sejak saya pertama kali berkunjung ke blognya, dan tahu beliau adalah juga seorang penulis buku, respect dan keinginan saya untuk belajar dari beliau semakin membuncah :).

Content
Di awal cerita, sebelum ucapan terima kasih, kata pengantar dan daftar isi, ada sebuah halaman tunggal bertajuk: Peringatan! Begini bunyinya..
Buku ini tidak menjamin Anda menjadi blogger sukses ataupun kaya raya, sebab buku ini hanya berisi teori semata. Artinya, dengan membaca buku ini Anda baru belajar tentang langkah-langkah menjadi blogger sukses dan sama sekali belum belajar menjadi blogger sukses. Untuk menjadi blogger sukses, Anda harus mempraktekkannya sendiri dan tidak cukup hanya dengan membaca buku ini. Peace!
Ok, setuju. Ya, mau ngga mau harus setuju dong. Mana bisa jadi blogger sukses dengan hanya baca teori di buku? Namanya blogger ya urusannya ngeblog, betul? Urusan teori, pedoman, panduan dan sebangsanya itu saya rasa sifatnya subyektif pada masing-masing blogger.

Lanjut lebih ke dalam...

Sesuai judulnya, 7 Langkah Mudah Mencari Uang Lewat Blog, buku ini memaparkan tujuh poin penting dalam sebuah proses membuat blog ber-profit, alias menghasilkan uang. Jujur, sepertinya ngga ada hal yang baru sih bila ditilik dari susunan formasi daftar isinya. Mengubah mindset, merencanakan blog, membangun blog, mengupdate blog secara berkala, mendatangkan pengunjung, berinteraksi dengan blogger lain, dan akhirnya, monetasi blog. Semua ini saya kira sudah tumpah ruah di internet. Banyak blog-blog motivasi, hacking template, tips-tips blogging, baik dari yang sudah lama berkecimpung maupun dari blog kemarin sore, hadir dan siap diakses. Tinggal ketik kata kunci di google, dan whoop, bertebaranlah sumber informasi yang kita cari. Comot sana sini, beres.

Jadi ngga heran apa yang ditulis di bagian Pendahuluan-nya..
Langkah-langkah yang saya paparkan di sini adalah hal yang umum dipraktikkan para blogger senior. Tak ada satu pun yang bersifat rahasia atau ajaib. Karena pada hakikatnya, mencari uang dengan blog itu merupakan suatu proses. Panjang pendek, lama sebentarnya proses tersebut sangat bergantung pada Anda sendiri sebagai blogger. Kalau Anda fokus dan konsisten (plus sabar), maka penghasilan dari blog bukanlah satu hal yang mustahil dicapai. Tidak seperti mi instan yang bisa langsung dinikmati setelah dicelupkan sebentar saja ke dalam air panas...
Mantap. Ini yang saya suka. Terbuka di awal sehingga kita tidak semata menjiplak secara buta, mengharap sesuatu yang bersifat magic, jalan pintas, dan easy going. Kadang saya juga berfikiran begitu. Terkagum-kagum dengan blogger yang sudah mapan dan ingin menjadi the next him/her, tanpa tahu bagaimana proses blogger tersebut hingga ia menjadi seorang blogger panutan. Kita ngga pernah tau berapa jam perhari ia menghabiskan waktu tuk research, seberapa dalam kocek yang telah terkuras, pengorbanan kepentingan, bahkan pendidikan. Kita cuma tau apa yang kini terpampang di depan mata. Memang wah. Tapi saya yakin, perjalanan mereka dan lika-likunya sampai menjadi sekarang ini, mungkin bisa jadi lebih wah lagi.


Kembali ke buku, teknik-teknik di 6 langkah awal sangat komprehensip. Sangat manjur baik yang baru memulai blog maupun yang sedang berasyik masyuk dengan blognya. Entah blog kita berorientasi profit maupun non-profit, 6 teknik awal tadi bisa diumpamakan sebuah kode etik tak tertulis yang dibukukan. Dan bagi saya, meski sudah mengenal teknik-teknik tersebut, tetap saja hati ini terpesona dengan begitu banyaknya hal-hal yang belum saya kuasai sepenuhnya, dan baru saya sadari saat saya membaca buku ini. Contohnya mengenai hal lumrah yang dialami para blogger dalam mencari ide dan konsistensi update postingan.

Penulis menjabarkan satu rumus ampuh yang didapat dari seorang penulis kreatif asal Jogja. Rumus sederhana namun dapat membantu para blogger untuk tetap dapat meng-update blog tanpa merasa terbebani. What is that?

Rumus itu bernama 3N. Niteni, nirokke, nambahi. Itu kata-kata dari bahasa Jawa yang kurang lebih artinya: mengamati, menirukan, dan menambahkan. Saya lihat, rumusnya memang yahud, cocok banget dan gampang sekali diaplikasikan. Sepertinya ini rumus yang wajib dimiliki para blogger deh. Bener. Untuk lebih jelasnya ya ngga ada cara lain; cari bukunya. Kalau ditulis di sini saya takut yang baca nanti malah pada ngantuk *hehe*.

Setelah 6 langkah awal mantep, barulah beranjak ke langkah final, yaitu langkah ke-7 yang membahas tentang monetasi blog. Wuih, ternyata di bab ini seakan betul-betul menjawab semua cuap-cuap saya di potingan kemarin (baca: Kapan Sebaiknya Me-monetize-kan Blog?). Hebatnya lagi, saya baru tahu lewat buku ini, bahwa blog pun bisa menghasilkan uang tanpa harus menabur iklan!

Kisah seorang mantan wartawan asal Solo, Duto Sri Cahyono, yang kemudian terjun menjadi blogger di omkicau.com adalah salah satu yang paling menarik. Beliau tak memasang sebiji iklan pun di blognya namun penghasilan melimpah tiap bulan. Apa rahasianya? Melayani pembaca. Ya, dengan jurus itu, kredibilitas beliau sebagai pecinta burung menjadi magnet dan menghasilkan penghasilan yang lebih dari lumayan. Dari mulai memberikan advice tentang lokasi toko-toko penjual vitamin burung, menerima order sangkar burung, hingga mengantarkan sendiri pesanan burung ke pemesan, itu sebagian dari sumber pendapatan beliau. Keren juga.

Lanjut ke sub bab ke-2 di langkah ke-7, Ragam Program Online Learning. Naah, ini yang saya katakan sebagai biang dari ketertarikan sebagian besar blogger: program-program penghasil uang di internet! Ada beberapa yang sudah umum diketahui, ada pula yang baru kepikiran. Di sini penulis memaparkan dengan jelas tentang kelebihan dan kekurangan tiap program, jadi terkesan mempermudah kita dalam memilih jenis program mana yang tepat tanpa trial error. Sip. Apalagi penulis tak segan menceritakan sendiri pengalaman pribadinya, plus rekomendasi dari teman -teman blogger senior penulis yang sudah lebih dulu membuktikan keampuhan program-program tersebut, benar-benar membuka lebar wawasan kita. Ngga ada lagi kata ragu deh. Cuma masalahnya ya tinggal satu, praktek :)  

Dan sebagai penutup, buku ini mengetengahkan bahasan tentang bagaimana blogger bisa dijadikan sebagai profesi utama, atau bisa disebut juga dengan full time blogger. Kisah Liew Cheon Fong, full time blogger asal Malaysia yang nekat meski bermodalkan bahasa Inggris amburadul, dan Jeff Bezos si pendiri amazon.com di bagian ini, bisa dibilang kisah inspiratif bernuansa rangkuman dari keseluruhan bahasan isi buku. Ya, bahwa mencari uang lewat blog adalah hal yang penuh resiko dan pengorbanan. Namun bila kita cukup mempunyai energi untuk tetap konsisten dan sabar, hal tersebut bukan mustahil tuk menjadi sebuah kenyataan.

Last Thought...
Fiuh, berhubung siaran langsung Liga Inggris yang ditayangkan bukan Chelsea, jadilah buku ini ludes dilahap dalam waktu semalam. Ngga kerasa, soalnya ada faktor lain yang membuat saya kesengsem, yaitu gaya bahasa penulisannya men.

Yup. Bung Eko cenderung menulis dengan gaya bahasa story telling. Jadi saat membaca bukunya, kita seakan sedang ngobrol bareng, bertemankan cemilan dan segelas teh hangat. Asyik. Tutur katanya lancar. Apalagi dalam penyampaian pesan, tak jarang diselingi dengan kisah pribadi yang dialami oleh penulisnya sendiri. Seperti kisah terpergoknya penulis di saat keasyikan ngeblog di warnet, dialog tentang benar tidaknya blog bisa menghasilkan uang dengan teman penulis yang ngeyel, kehidupan ala asrama mahasiswa dan kisah pertemanannya dengan sesama blogger di masa-masa awal perjuangan, semua itu membuat kita seperti tidak sedang membaca sebuah buku panduan. ^_^

Last but not least, it's great to have this book! :)

Sobat punya buku panduan tentang make money online? Share di kotak komentar ya :)

65 comments:

Unknown said...

mantep sob reviewnya...tp lg ngga ada duit nih bwt bli bukunya,hehe..

Sou Stalker said...

wah,kayaknya mantep tuh sob. .kayaknya,ada yang mau mulai bisnis online besar besaran nih. .
Hahaha. .

attayaya said...

bukunya bagus ya
walopun yang dibahas udah umum
let's go to bussiness

Gus Ikhwan said...

salam sahabat, yang dapet buku gratris itu saya bang darin dapet 2 buku gratis dan kjaos cantik dari bung eko
iya bukunya dari bung eko emang mudah dicerna dan sangat menarik semua
itu merupakan kumnpulan kumpulan postingand sari bung eko yang dulu beralamat di ekonurhuda.com

Dendy Darin said...

hahaha, baru niat sob. Tapi ngga ada salahnya, kan? *hehe*

Unknown said...

Menarik sekali buku ini. Tujuh langkah mudah mencari uang lewat blog. Blogger yang terlebih dahulu telah sukses merupakan contoh yang bagus bagi kita untuk meraih kesuksesan seperti mereka. Trims info dan reviewnya yang segar, antusias dan menarik.

Dendy Darin said...

@Gus Ikhwan: iya Gus, saya tau. kan ada pengumumannya :) Makanya saya langsung naksir tu buku waktu kamu juga me-reviewnya. Ajib abis!

kurniawan.q said...

terimakasih infonya sahabat saya cari dulu ah (mungkin bisa baca2 dulu di toko buku )

Unknown said...

wah, kamu suka review buku banget ya. btw, selama masih nyambung dengan review blognya, gak apa2 review kepribadian pemiliknya. asal jgn seluruhnya review si pemilik. gitu lho....

Sungai Kuantan said...

klu gratis mau dunk..... :D

Anonymous said...

Mas Darin, nih buku harganya berapa?

Dendy Darin said...

@mb vicky: saya beli seharga 38 ribu mba, di Gramedia.

Abdul Hafizh said...

Pgen beli .. Ada gak ya disini.. ?? Mmhh .. --a

tomo said...

Bagus kawan reiewnya.beli dimana bukunya?tiap toko buku adakah?

uswah said...

Pinginnya sich mencari uang lewat blog, tapi takutnya nanti di tipu

iskandaria said...

Saya juga sudah membaca sekilas buku tersebut di toko Gramedia..hehe. Isinya berbobot, dengan gaya penulisan yang enak dan mengalir. Tidak sekadar teori karena ada unsur pengalaman juga. Pokoknya bagus deh. Yang ngereview juga bagus banget tulisannya.

Lily Kasim said...

siap diburu bukunya...hehehe...

salam,
tfd

munir ardi said...

buku yang sangat menarik pak , ditambah review yang ajib ngiler aku lihatnya sangat berguna untuk aku yang masih nol di bidang bisnis online, btw I am MU lovers pak ha ha

munir ardi said...

buku yang sangat menarik pak , ditambah review yang ajib ngiler aku lihatnya sangat berguna untuk aku yang masih nol di bidang bisnis online, btw I am MU lovers pak ha ha

Ratasoe said...

Wah, berti bgus bwt pmula ya sob hehe..;-)

secangkir teh dan sekerat roti said...

sepertinya bagus nih :)

Nikmatnya Hidup said...

aku dulu beli buku 88 mesin uang di internet, aku pgn cari lagi tapi bingung mana buku yang keren.... klo ada duit nyari nih buku ah

pandi said...

Buku yang wajib pandi baca nich.. tapi kapan bacanya yach.. blum pegang bukunya.. lagi-lagi alasan.. pasti ada jalan.. tetep semangat.. salut untuk kang darin ulasannya menarik ngak bikin bosen bacanya.. luarbiasa.. ^_^

albertus goentoer tjahjadi said...

mantap mas reviewnya... jadi kepengen langsung cari bukunya di Gramed... thanks ya...

Dheny Gnasher said...

Bagus tuh bukunya. kira2 di gramedia ada ga yah mbak??

achen said...

gaya reviewan yang sangat menarik untuk buku yang sangat menarik pula.. essiP..

buwel said...

weih salute deh tuk blogger2 yang udah sukses, moga semua blogger bisa menyusul... amin

Dendy Darin said...

@dheny: koq mbak sih? mas donk hehe :)

rauff risharasakti said...

Ada teknik teknik mencari uang lewat adsesen g? (Ngarep ada)

Darin said...

@rauff: di buku ini? ada sob :)

pakde sulas said...

weleh weleh rupanya sudah sangat ahli dalam membuat review ya? pakde sampai kesengsem mengikuti alur revienya, pakde salut atas kemahirannya dan mudah mudahan keahlian ini bisa menghasilkan duit he he he.....

♥ria♥ said...

wah kayaknya buku yang bagus
aku mau pinjem boleh ga ya hehehe :p

Dendy Darin said...

@pakde sulas: biasa aja pakde :) trims. yah, namanya jg latihan :)
@ria: boleh. alamatnya deket Solo ngga? :D

Regi_Adi said...

buku yg menarik nih... pengen beli juga tapi rumah saya jauh dari toko buku...hehe

Ferdinand said...

Wah makasih review'y Sob.....tp dulu aku udah coba semua tuh dari e-book yg dikasih di situs Bisnis Internet aku lupa situs'y apa tp emank berhasil sih biarpun skarang aku udh ga niat hhe......Sukses Sob....

HAPIA Mesir said...

wah makasih reviewnya sob... cuma saya masih blm bisa konsen buat nyari dari internet.. masih seneng berbagi2 aja..

Blogger said...

ahah tips yg menarik sobat..buat referensi dan nambah wawasan boleh dech...buat modal kedepannya hayah...
Sukses Slalu!

Hendriawanz said...

SEmoga sukses mas. Sepertinya beli buku ini sudah merupakan langkah awal.

The fachia said...

Yg perlu diingat adsalh bahwa tidak ada bisnis yang instan, jadi waspadalah terhadap iming-iming yg hanya mengajak anda menjadi pemalass.. :)

attayaya said...

met sore bro
blom sempet cari buku itu di gramed

Amdhas said...

web untuk sarana jual beli,blog untuk promosi produknya, saya belum pernah baca bukunya kelihatannya bagus dan mantap,,

Dendy Darin said...

@the_fachia: makanya baca di hal. 'peringatan' dulu :)

akhatam said...

Wah KEREnnn... Baru tahu ane bukunya...
Soalnya dah jarang ke Gramed...

n;Tar liat deh.. Tx gan infonya!!

hryh77 said...

wew.. emang keren nih bukunya mas eko.. :D

T.Yonaskummen said...

boleh pinjam bukunya sob... keknya menarik tapi lg bokek niy..... tanggal tua.....

Abdul Hafizh said...

Kunjungan balik dari sobat . Gan,, saya dah pasang link kamu lho .. Cek di link sobatku. Pasang balik yah .. :)

Dendy Darin said...

@tukang komen: kalau sempet, jln2 dulu bro ke gramed n baca2 sekilas. Soalnya bisa jadi menurut saya bagus, tapi ngga begitu menurut sobat. oke? :)
@abdul hafizh: ok sob, thanks, nanti saya pasang balik :)

catatan kecilku said...

Review buku nih..? Lengkap banget....

the others said...

Terima kasih utk infonya.... Bermanfaat banget lho.

van said...

mantap neh karya bung eko ini,,
ditambah reviewnya yang lengkap dan komplitt
thanks bro

Omponk said...

Weiii mas Darin. Lama tak jumpa!! Maaf maaf kesibukan dunia offline. :). Biarpun yang di bahas itu sudah biasa di rancah ke-bloggeran tapi sepertinya pengemasan bahasanya sangat menarik. jadi pengen beli aku mas liat review ini. Btw, slamat mas dapet follower makin gendut aja nih.. waaahhh :)

Nyang Punya Dede Online Weblog said...

Luar biasanya reviewnya Mas Darin! Sampean Blogger seorang sejati. Ngiler nulis panjang kayak Mas Darin nih, nanum apa daya tangan tak sampai hik hik hik. Maklum, waktunya pas-pasan. Bukan sibuk tapi lebih menyibukkan diri, repoooooooooooooott!

faiza said...

waah.. .maaf baru berkunjung pak

terimakasih reviewnya..

senang juga ya kalo hobi jadi tambah mnyenangkan

Ello Aris said...

Wah, pengen milikin buku ini.

Thanks ya.

***___
review menarik.

Yusnita said...

menarik nih bukunya..
memang penasaran saya dari dulu, bener gak nulis2 bisa datengin uang.
abis selama ini paling taunya tulisna blog di jadiin buku, itupun biasanya secara Indie dulu.

Bung Eko said...

Aduh, saya jadi besar kepala nih. Tapi asli, bener kata Bung Darin, ide buku itu emang sangat banyak dijumpai di dunia internet, saya hanya mengolahnya saja ala saya. ^_^

Rasa terima kasih yang mendalam dan salut untuk Bung Darin untuk review-nya yang ajib abis. Hmmm, mudah-mudahan tidak ada pembaca yang berpikiran ini paid review. Hehehe... ^_^

Sekali lagi terima kasih banyak, Bung.

Bung Eko said...

Aduh, saya jadi besar kepala nih. Tapi asli, bener kata Bung Darin, ide buku itu emang sangat banyak dijumpai di dunia internet, saya hanya mengolahnya saja ala saya. ^_^

Rasa terima kasih yang mendalam dan salut untuk Bung Darin untuk review-nya yang ajib abis. Hmmm, mudah-mudahan tidak ada pembaca yang berpikiran ini paid review. Hehehe... ^_^

Sekali lagi terima kasih banyak, Bung.

www.sketsarumah.com said...

Bismillah,
Iya saya juga dapat pencerahan dari buku ini ..
Sukses untuk mas Eko Nurhuda ...
Semua yang di tulis mengalir ...saya suka dengan gaya menulisnya seperti Ismail Marahimin.
Saya pun pengen seperti itu ...
Mudah2an bisa ...

Dunia said...

nyoba cari bukunya ah...kayaknya pas buat saya yang pemula..

Bung Eko said...

Bung, saya mau ijin menyalin review ini ke Goodreads.com, soalnya saya barusan memasukkan buku ini ke situs jejaring sosial khusus maniak buku dan penulis-pengarang tersebut. Atau, mungkin malah Bung Darin yang mau memasukkannya ke Goodreads? ^_^

Ini dia alamat URL bukunya di Goodreads: http://www.goodreads.com/book/show/8161909-7-langkah-mudah-mencari-uang-lewat-blog

Dendy Darin said...

@bung eko: sebenernya saya dah tau goodread sejak dulu, tapi belum sempat ngulik lebih dalem dan yg lebih parah, saya lupa password login-nya :D silahkan saja bung, saya ikut support saja lah oks :)

isnuansa said...

Meski sudah merasakan dapat uang dari blog secara online, saya belum pernah beli buku panduan-panduan semacam itu. Kalau dikasih teman iya, itupun tak dibaca sampai selesai. Nggak bagus menurut saya, dibuka-buka thok halamannya, udah ketahuan nggak bagus.

Penasaran dengan buku Mas Eko. Saya udah kenal lama dan baca tulisan-tulisan di blognya, tapi nggak pernah ngubek-ngubek toko buku sih, jadi belum tahu, apakah bukunya ada di Jakarta atau enggak.

Iya sih, bisa pesen langsung sama dia. Tapi memang niatnya masih setengah, hehe.. :)

*sekalian nitip dadah-dadah ke Mas Eko, karena beliau pasti ngecek tulisan ini suatu saat*

Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog said...

Saya juga pengen beli bukunya tapi kira-kira di tempatku ada buku yang seperti itu gak soalnya daerahku masih terpencil

Website Cari Uang said...

Wah walaupun artikelnya panjang, namun saya sangat menikmati dalam membacanya....mungkin karena gaya tulisannya yg bisa memberikan kesan seperti berkomunikasi langsung dengan sang penulis blog....saluut..
terima kasih

Eko Nurhuda said...

Duh, kemana saja ya saya kok baru tahu buku pertama saya di-review dengan sangat ajib tanpa terkesan memuji dan menyanjung seperti ini. Terima kasih sekali. Cuma sejak 2010 saya malah jarang ngeblog, nulis buku sempat mandeg.

Tapi insya Allah mulai tahun ini bakal mengudara lagi lewat blog yang dijadikan url saat mengirim komentar ini.

Salam kangen... :)

Post a Comment