March 10, 2010

Book Review: Menulis Itu Genius

Buku ini sebenarnya satu paket dengan apa yang saya beli waktu itu. Berhubung waktu luang yang kian sedikit, baru beberapa hari ke belakang ini saya menyicil membacanya. Kembali flashback ke malam itu, apa yang mendasari saya memilih buku ini? Pertama lewat sampulnya yang merah menyala, seakan menantang saya dan terlihat cool di antara buku-buku lainnya. Kedua, setelah saya timang, di sampul depannya ada sebuah pesan berbentuk matahari yang isinya: Anda mengalami jalan buntu dalam menulis? Baca buku ini! Tak membutuhkan waktu lama untuk membuat saya menyerah, sekaligus membawanya ikut serta di tas jinjingan :)


The Author
Roland Fishman. Tak ada biografi singkat, hanya kata pengantar versi penerjemah yang saya kira sudah cukup mewakili otak di balik buku ini.

Satu hal yang klasik adalah pertanyaan bagaimana caranya menulis dan bagaimana memulai aktivitas menulis itu? Pertanyaan abadi ini tidak cukup hanya dijawab dengan setumpuk buku petunjuk praktis cara menulis dan teknik-teknik menyampaikan gagasan dalam menulis, tetapi lebih ke bentuk semacam pemantik yang menggerakkan hasrat manusiawi, yang sesungguhnya alamiah, untuk menulis.
Pemantik? Perumpamaan yang bagus. Saya sadari segala sesuatu memang butuh hal seperti itu, tak terkecuali dengan menulis. Saya pribadi pernah mengalami dimana keadaan begitu sulit, dunia seakan tak bersahabat, dan tuing..segalanya seperti mengalir dalam tulisan. Seharian saya tak beranjak dari meja dan menumpahkan apa yang menjadi beban lewat tulisan. Hasilnya tak bagus memang. Tapi hasil bukanlah tujuan. Prosesnya lah yang melegakan.

Apa yang dialami oleh penulis pemula sebagai penolakan menyakitkan dari media sesungguhnya juga dialami oleh Karl Marx, penulis Das Kapital yang terkenal itu. Keadaan beku berjam-jam di depan mesin tik (kini mungkin laptop) yang sering dialami oleh seorang remaja yang berhasrat menulis cerita, juga dialami oleh Ernest Hemingway. Bahkan Ernest mengaku dari 92 halaman yang ditulisnya hanya 1 lembar yang dianggap masterpiece, 91 sisanya gombal belaka.
Nah, tambah lagi wawasan saya. Saya fikir para penulis hebat itu bisa dengan mudahnya melahirkan karya-karya jenius dalam hitungan malam, ternyata lho sama saja ya :)

Content
Dan ternyata saya tak salah pilih, buku ini adalah salah satu jenis buku yang saya cari. Yaitu sebuah kumpulan kata-kata mutiara pembangkit semangat dikala kita tengah mengalami deadlock dalam menulis.
Ada 251 halaman, yang di tiap halamannya tertulis nasihat-nasihat dari para penulis terkenal, dari Henry Miller sampai Johann Wolfgang von Goethe. Ada pula spiritualis dari Jalaluddin Rumi, Zen hingga Confucius. Bahkan seniman sekaliber Pablo Picasso pun menyumbangkan pesannya...

Gambar bergerak menuju penyelesaian melalui suatu kemajuan tahap demi tahap. Setiap hari membawa suatu hal yang baru. Sebuah gambar merupakan hasil berbagai penambahan. Bagiku gambar adalah serangkaian pengrusakan. Gambar kubuat lalu kuhancurkan. Namun, pada akhirnya aku samasekali tidak kehilangan apa pun dari gambar itu. Warna merah yang telah aku hilangkan pada bagian tertentu muncul kembali pada sisi lain gambar tersebut.
Luar biasa.


Last Thought
Buku ini jenis buku yang unik. Tak ada paparan detail bagaimana tips-tips menulis yang baik, maupun kiat-kiatnya. Namun kekuatannya terletak pada unsur inner motivation, yang memberi semangat lewat petuah-petuah singkat namun penuh makna. Ada rasa sayang, karena ada beberapa halaman yang satu halaman penuh hanya bertuliskan kalimat singkat seperti Let Go, Just Do It, Detach..tapi no problem, secara keseluruhan bagus untuk menambah wawasan dan pencerahan dalam menulis.

It ain't over until it is over (Tulisan tidak akan selesai sampai betul-betul selesai)
Sobat punya buku untuk penyemangat dalam menulis? Share di kotak komentar ya :)

60 comments:

kurniawan.q said...

gosh there is a change? info thank friends

kurniawan.q said...

petromax lamp hahahahahahah

arsumba said...

wah.. kayaknya saya kudu punya buku ini..
trims mas atas informasi berharga ini..

Dendy Darin said...

@angin: gosh there is a change? penulisnya siapa neng? it's great to be a pertamax hehe :D
@arsumba: ya, bagus untuk baca2 kala senggang sob :) trims kembali n semoga bandwith blognya lancar ya, coz saya sering blank pas berkunjung ke sana :)

kurniawan.q said...
This comment has been removed by the author.
kurniawan.q said...

I am not a woman i am man

Dendy Darin said...

@angin: ups sorry :) trims untuk infonya mas angin :D

kurniawan.q said...

sorry ...thanks info, and tips friends

Elsa said...

wah keren juga kayaknya.
jadi kepingin punya tuh buku...

coba ah cari...

belajar autocad said...

menulis sekarang menjadi kesenangan saya boss....sip

sda said...

bagiku, menulis itu sulit.

narti said...

layak masuk daftar nih.
makasih review-nya.

Dimas said...

waduh bukunya tebal banget,...
tapi itu pake bahasa inggris apa indo sih ??

Aldy said...

Boleh dong tukaran dengan RE-CODE Your Change DNA milik saya.

aisyah muna said...

baca..baca..baca..baca...baca...baca...

ALRIS said...

Kawan, begitu terpesonanya saya baca posting-mu. Judul buku sudah saya catat, ada duit langsung saya beli. Salam kenal, salam silaturahim.

bonk ava said...

aku punya banyak bung! he he he salah satunya mengarang itu gampang ( arswendo atmowiloto ) , resep cespleng menulis novel dalam 100 hari ( gw lupa nama pengarangnya ), menulis dengan hati ( lupa juga gw nama pengarangnya, nih buku sebenarnya bukan tips membuat fiksi tips menjadi jurnalis)

menurut gw inti semua buku panduan menulis novel sama aja! sama -sama disuruh banyak - banyak baca karya orang lain, jadikan menulis sebagai kebiasaan, ntar dengan sendirinya kita bakal bisa nulis, gak ada orang sukses butuh waktu semalam, buktinya j.k rowling, dia gak menyerah naskah harry potternya ditolak berkali kali oleh penerbit!

semoga sukses bro!

ola said...

nice post (:

emg kok, kadang penat dan segala keluh kesah gundah ato apapun itu dituangkan ke dalam tulisan, walopun acak adut
tapi berasa lega banget :D

richo said...

wah kata2 penyemangatnya nih buat bangkitin semangat yang sering ga mau bangun.....

Unknown said...

Kata orang bijak, apa yang kita tulis atau omongkan merupakan ungkapan dari sesuatu yang ada di dalam diri kita. Sebuah buku yang sangat menarik "Menulis itu Genius" by Roland Fishman. Buku itu dapat memberi motivasi, inspirasi dan dorongan kepada pembacanya untuk menjadi seorang penulis yang mumpuni. Trims infonya sobat.

Nenad said...

hi...my friends
is my first time to visiting here..., wow this is great writing, I have not read that as good as this. and I agree with very good writing. keep on blogging my friends. can we link x-change with me. tell me ok.

Bayu Lebond said...

terkadang gw berfikir koq orang sisa-bisanya merangkai kata menjadi salah satu karya sastra yg ajaib...gw mah nggak bisa nulis dengan baik n benar bung...

M Mursyid PW said...

Yang penting mengalir saja sambil lebih banyak membaca tentunya. dengan demikian akan secara tidak sadar kitapun akan menjadi lebih pinter merangkai kata.
Bukunya nampaknya OK juga.

fai_cong said...

wah...
bacaannya kang Darin top.
minjem bukunya kang...
hehe...

Nenad said...

memang bener mas, kalo dengan menulis kita akan pintar karena otak kita terasah dengan baik

attayaya said...

aku harus lebih belajar lagi agar bisa menulis genius

Anonymous said...

wah, keliatannya menarik nih buku untuk dibeli. soalnya saya pengen lebih tau nih tentang dunia menulis. :D

Dendy Darin said...

@dimas: bhs indo, meski ada inggrisnya tapi ada terjemahannya koq :)
@aldy: boleh aja, tapi nanti ya..saya masih belum puas bacanya.
@bonk ava: wah buku arswendo itu saya pernah punya, tapi kemana yaa :(
@herdoni: setuju :)
@faicong: boleh boleh, nanti ya :)
@nenad: salam silaturahmi kembali :)

Tyas said...

waahhh, aku gak punya buku tentang penyemangat menulis. Tapi boleh tuh buku... hehee

Aryadevi said...

ya pemantik untuk menumbuhkan inspirasi yang dapat datang dari mana saja.

Dendy Darin said...

@tyas: bisa dimulai kan? :)
@aryadevi: setuju, kadang susah juga cari pemantik seperti itu :)

ipin said...

buku yang berguna sekali nih tentunya terutama untuk sobat blogger yang rajin menulis..
thanks reviewnya sobb

suryaden said...

jadi pengin beli nih... bagus banget

Muhammad Rizal said...

Saya ingin sekali belajar menulis,,tapi tidak ada pedoman,,
dimana saya bisa dapat buku yang seperti itu kawand ???

Reza Fauzi said...

pake bahasa inggris ya bukunya? wew

Awaluddin Jamal said...

wah bukunya bagus-bagus nih..,

saya sih belum punya buku penyemangat.., tapi kayaknya mau cari deh.., soalnya sering blank kalau lagi mau nulis.., :D

Sopandi Al Kautsar said...

he.. he.. mas ini pinter deh bikin resensi ringan tepi memikat.. klo skalian jual bukunya bakal laku kayaknya.. he.. he..

Aulawi Ahmad said...

reviewnya mantap bro, tq dah berbagi :)

Bahauddin Amyasi said...

Jadi pengen baca buku Menulis Itu Genius nih.
Salam kenal dulu sobat..

Kalau bicara soal tulis menulis, kayaknya memang dmikian adanya: yakni hanay melalui kebiasan dan pembiasaan. Saya jadi teringat pesan Gerald Brenan: " Awali setiap subuhmu dengan menulis, karena dengan begitu membuatmu jadi penulis".

Salam akrab...

Kristanto-wds said...

Setuju........... menulis itu genius.... jadi pengen baca ini buku....

ALRIS said...

Bukunya udah aku beli siang tadi, blon sempat baca.

Hendriawanz said...

TErima kasih sudah mampir di tempat saya. Yak,saya juga setuju dengan 'pemantik', lebih mengena.
Saya follow ya. Boleh kalau balek.

Unknown said...

aku datang kawan..

Dimas said...

kunjungan rutin aja nih...

Pen Lab said...

wah...semakin banyak aja buku penyemangat menulis mu sobat...
semoga kemampuan menulisnya semakin baik..
sukses selalu untuk mu

Pen Lab said...

oia sobat, saya mo tanya ne,
saya juga pake theme dari Bloggerthemes, tapi saya nggak ngerti ngedit top bar.
gimana caranya ngedit Top Bar (Home, Profil, Blogrol n Kontak yang di atas itu)
makasi banyak atas bantuannya sobat...

Abdul Malik said...

kyaknya bagus tuh bukunya..
bisa buat motivasi kalo lagi nulis..

Dendy Darin said...

@rizal: saya dapet di gramedia. saya kira banyak lah di toko2 buku jg :)
@reza: campur rez, kalau pun ada inggris pasti ada terjemahannya.
@pandi: bisa aja :) ada sih cita-cita bikin buku sendiri hehe
@bahauddin: iya, sy jg pernah dengar quote itu. bagus juga kalau dipraktekin.
@berry: sama-sama mas :) oya sy minta alamat mailnya.
@abdul malyk: patut dibaca sob :)

Celetukan Segar said...

Wuah saya nggak ngira bisa sehebat itu!

Dendy Darin said...

@celetukan segar: hahahah, masa sih bro :D

fanny said...

met wiken.

Dendy Darin said...

@fanny: met wiken juga, semoga senen fresh lagi ya :)

Land of Oase said...

hari ini saya jatuh hati dengan tulisan2mu hehehhe... truth to be told, i like this blog... uhuyyyy...

Dendy Darin said...

@land of oase: thanks, blog sobat juga hebat..harus banyak belajar saya dari sana :)

jimox said...

saya juga beli buku itu mas... dan sedikit kecewa.. n sampai sekarang juga belum selesei bacanya.. hehe..

Dendy Darin said...

@jimox: memang jenis buku yg unik ya sob, pas untuk menggali inspirasi aja kalo pas deadlock dalam menulis ^_^

b said...

Wah, kemarin pas pameran kok gak keliatan ya buku ini? Padahal saya bolak-balik ke stand Arruz Media. Wajib punya nih, apalagi setelah baca review-nya Bung Darin.

Dendy Darin said...

belum k gramed bung? sy belinya dsana :)

Unknown said...

buku yg menarik juga nih. saya juga pernah mengalami deadlock saat menulis.

Widyoresmi Hastyo Kinanti said...

pengen banget buku ini^^

Post a Comment