April 9, 2008

Blogging Membuat Mati Lebih Cepat?

Dua minggu lalu, Rushel Shaw, seorang blogger ber-niche teknologi meninggal karena serangan jantung. Di bulan Desember kemarin, blogger tech lainnya, Marc Orchant wafat terkena penyumbatan pembuluh darah. Dan masih di bulan yang sama, Om Malik masih beruntung, lolos dari serangan jantung.


Jika Anda kehilangan berat badan dalam kurun waktu yang cepat, mengalami susah tidur, rasa lelah yang sangat dan keanehan-keanehan lain yang lahir gara-gara aktivitas nge-blog, sebaiknya mulai sekarang berhati-hati.

Memang belum ada penelitian resmi yang mengkaji masalah hubungan blogging dan penyebab kematian dini. Namun gejala-gejala yang berkembang saat ini, dimana informasi begitu cepat dan waktu sedemikian teramat penting, blogging menjadi semacam epidemik baru dan perlahan menjelma menjadi sebuah pekerjaan yang menuntut stres dan ketegangan tingkat tinggi. Apalagi bila blog yang ditangani berkutat di cakupan teknologi dan berita. 24 jam kompetisi menghiasi kehidupan para blogger ini untuk berlomba menyajikan berita-berita terkini, me-review produk gadget atau sekedar meng-kopas isi blog orang lain.

Buat saya, blogging adalah menulis, riset, dan berbagi informasi secara online. Bukan jalan untuk mati lebih cepat. Bukan begitu?

7 comments:

Kristina DIAN Safitry said...

yee..siapa yang mau mati lebih cepat gara2 bloging? no, yach?he..he...

tapi emang iya juga sih kalo mo dipikir pake logika(no riset), kadang kala kalo aku dah ngeblog nih lupa segalanya. sampai2 sering kena teguran redaktur karena materi berita lom juga terkirim.

postinganya sip banget. kayaknya negur aku nih?he..he..

soldier side said...

wah itu sih kelewatan, emang udah tua aja itu mah. Emang bener, masuk akal juga karena yang namanya orang udah kelewat hobby pasti lupa deh semuanya...keren postingannya bikin deg-degan..

nah lo..kalo ngeblog bikin cepet mati, kenapa ngeblog hehehe...

Dyden Rinda said...

kristina,
betul kan? ngeblog itu memang the biggest time waster selain play station..:D.

soldier side,
kayaknya blogger jg menganut falsafah tua-tua keladi ya. makin tua mangkin menjadi-jadi.

thanks 4 your comments!

Administrator said...

Pada kenyataanya sih memang gitu. orang yang udah kecanduan ngeblog (ngenet) akan mengalami keadaan fisik yang beda. Biasanya kalo saya lembur satu malaman untuk ngeblog, biasanya paginya itu badan sakit semua. Semua sakit.

Makanya, pesan saya, jangan sampe kecanduan ngeNet. Kalo udah kecanduan biasanya sesutu yang prinsip pun bisa ditanggalkan, sholat misalnya.

Saya secara pribadi sudah mengalami hal ini. Dan tentu saya tidak mau terus terperosok lebih dalam. Karena kalau Allah SWT sudah di kecilkan dan ngeblog or ngenet yang malah di besarkan, walaupun azan sudah berkumandang, makan semua akan hampa.

Tidak tenang hidup kita tanpa Tuhan. Tanpa ibadah.

Blogger-Holic said...

mngkin ini juga ya penyebab menurunnya kondisi tubuh saya akhir2 ini :(

Dyden Rinda said...

administrator,
benar kawan, ngeblog boleh..ibadah jalan terus.

blogger-holic,
jaga kondisi man, rileks...

jmw said...

NgeNet sampe lupa waktu.. abiz hobi sih .. gimana dong solusinya?

Post a Comment