April 1, 2008

SDB = Sumber Daya Blogger

Sejak saya tahu tentang blog dan blogging, hidup saya rasanya beda. Sepertinya ada charger yang terus menyala di otak saya untuk terus mencari inspirasi-inspirasi baru untuk bahan postingan. Untuk itu berterimakasihlah pada master-master blog Indonesia yang lebih dulu menghiasi blogosphere di negri ini. Dari mulai Cosa, Oom, Isnaini dan masih banyak lagi (yang gak disebut jangan marah ya :D), mereka telah mencurahkan *halah*, memberikan warna bagi wahana blogger Indonesia sehingga mau tak mau orang-orang awam seperti kita jadi get hooked (kena pancingnya). Walhasil, aktivitas blogging jadi semacam kebutuhan sekunder bagi sebagian orang (apa ada yang sudah jadi primer?) atau jangan-jangan sudah disamakan dengan jogging yang menyehatkan.


Tak bisa dipungkiri bila aktivitas blogging memang mengasyikkan, it’s fun, bahkan mengenyangkan kata bung Agus Hery. Awalnya adalah ide dan gagasan, kemudian inspirasi dan bersambung ke motivasi, lahirlah catatan-catatan yang kemudian bisa diakses oleh jutaan (milyaran?) netter di seluruh dunia. Hebat. Kapan lagi suara kita bisa dibaca dan didengar oleh orang lain yang belum pernah kita temui dan bahkan kita tak tahu nama aslinya?

Lalu apa susahnya? Ternyata susah! Ada masa-masa dimana kita jenuh, otak terasa buntu dan ujung-ujungnya sepi dari inspirasi. Nah, untuk urusan mencari sumber daya bahan postingan, saya mencoba sharing dengan rekan blogger semua yang tentunya semua berasal dari pandangan dan perspektif saya sendiri sebagai blogger newbie dan tidak sombong :D.


Untuk mencari konten (isi) blog, saya rasa ada dua aspek yang kudu dipelajari. Satu, mencari sumber konten dari tema yang sering kita angkat dalam blog kita. Artinya bahan inspirasi konten itu bisa jadi tentang berita-berita terhangat, gossip terpanas, postingan blogger tetangga, selentingan-selentingan di lingkungan kita, atau apa sajalah yang menurut kita menarik dan bisa dinaikkan tuk dijadikan bahan postingan.

Aspek yang kedua adalah berburu link. Blogger yang baik dan tidak sombong sebaiknya menyajikan link-link situs/blog lain yang merujuk pada tema/pokok bahasan yang sama atau sedikitnya menyinggung hal-hal yang ada dalam tulisan kita. Lebih bagus bila link tersebut mengacu pada situs/blog sumber berita/inspirasi. Ada dua keuntungan dari penyajian link ini, yaitu kredibilitas blog naik dan membuat pembaca tak segan untuk berkunjung kembali, karena terbukti bahwa postingan kita bisa membawa kepada informasi-informasi lain yang lebih actual.

Semua yang saya tulis di atas berlaku jika kita sedang mood dan lancar menggali inspirasi. Lalu bagaimana tips-tips untuk menjaga agar lumbung-lumbung sumber daya kita tetap terjaga komoditasnya? Disini saya mencoba berbagi tips dengan Anda, bila ada yang ingin menambahkan atau mengoreksi jangan sungkan untuk mengisi komentar.

Hasil Pencarian Search Engine Tertinggi
Salah satu metode paling instan untuk mencari konten bisa lewat cara ini. Kita mencari apa yang orang lain cari. Mesin pencari selalu memonitor dan selalu siap siaga, membuka mata lebar-lebar tentang topic apa saja sih yang sedang in saat ini. Mereka punya sistem sendiri yang memungkinkan kita untuk mengetahui kata kunci (keyword) dan frase apa yang sedang populer.
Berikut situs-situs top search result yang mungkin bisa memberi pencerahan:
AOL Hot Search
Analogx
BBC News - Google Taps Into Search Pattern
CodeCubed - Tree Map
Digg Spy
DogPile
DWoz
Eurekster
Fravia
Google Zetgeist
Joe Ant
Kanoodle Search Spy
MetaSpy
Newzingo
Search Hippo
Search Words
Webcrawler Search Spy

Fakta dan Statistik
Ada saatnya kita harus mendalami sebuah istilah, fenomena atau kejadian. Dengan lebih memahami faktanya lebih dalam, tentu konten blog kita akan lebih hidup dan dapat menambah unsur edukasi pada pembaca. Banyak situs penyedia fakta dan statistik yang mungkin kita butuhkan.
Berikut contoh situs-situs tersebut:
Population Reference Bureau
FAO of the UN
FBI Crime Report Statistics
WHO Statistical Information System
Find Law
CIA World Fact Book
I Want Media
Statistics Every Writer Should Know
Nation Master - Compare Nations
Hyperstat
Statistics
Acronym Finder
Info Please

Situs Berita Top
Jika berita-berita terkini, terpanas dan terunik yang Anda cari untuk bahan tulisan, berikut saya sajikan beberapa link yang bisa jadi acuan :
CNN - Most Popular Stories
Topix News Headlines
Online Newspapers
180n
Meta Eureka - Top News Stories
Yahoo - Most Viewed
News is Free
Google Alerts
Reuters Free Top New Stories
Meta Grid
Ananova
News Trawler
Slate
Infomaniac

Trafik Tertinggi dan Terpopuler
Dengan memonitor situs dan blog terpopuler, kita bisa menjaga mood nge-blog karena lebih tahu apa yang sedang in dibicarakan di seantero blogosphere. Apa sih yang mereka bicarakan? Bagaimana mereka membicarakannya? Dan dimana mereka mencari sumber-sumber rujukan?
Daftar berikut ini bisa menjadi awal dari pencarian surfing Anda :
Alexa Top 500
BlogPulse
Technorati - Most Popular Posts
Fark
Hot Links
Reddit
Feedster Top 500
Bloogz - Most Popular Blog
National Geographic
Village Voices
Blog Top Sites
Blogmarks - Most Popular Posts
Jots
LiveMarks
Tail Ranks

Punya sumber-sumber rujukan yang lain, atau terfavorit dan sering digunakan untuk konten blog? Mau berbagi informasi?

8 comments:

khotib said...

hallu mas,., salam kenal juga.,. klo saya biasanya nulis apa aja yg menarik buat saya, n biasanya nyari info aja ke para blogger lain yg.,,. tpi info diatas juga dh kumplit ko.,. mlah da yg baru sy tau.,hehe thanks mas,., bleh tuker link?hehe

Dyden Rinda said...

hallu juga khotib, trims atas komentarnya. ya saya juga sering cari2 info di blog-blog lain yang udah mapan hehe. tukar link? boleh lah..katanya wajib ya hukumnya. hihi

PenyuGarong said...

kalo aku cari inspirasi dari bertapa di puncak gunung selama 7 hari 7 malam menahan makan, minum dan kentut...

hehehehehe...

*kabuuurrr....

.: AngeL :. said...

dg ngeblog tiap harinya jadi seru aja mikir mo nulis apa ya bwat diposting di blog, kadang seru jg bikin tulisan yg harus ditelaah lebih lanjut, mesti crawling ksana kemari hehehe...jd bikin hidup lebih hidup :P

Dyden Rinda said...

@Penyu: wah dikau memang cucunya eyang sinto gendeng ya hihi
@angel: betul sekali, kadang saking banyaknya jadi banjir inspirasi n terpaksa ikut2an penyu ngungsi ke gunung..wkkwkw just kidding angel, your comment was great!

Blogger-Holic said...

hehehehe.. kalo lagi banjir inspirasi sih malah ngebantu org2 :)

Dyden Rinda said...

amin blogger-holic, let's build a better world lah! :)

yagmurunsesi said...

Gene Expression Dna technology DNA Test Constitution Art 2 Digital Gene Expression Dna technology DNA Test Where as only a Natural Born citizen can hold office of the Presidency.of the highest qualification. What is truly shocking is that not even 4 of Digital Gene Expression Dna technology DNA Test the 9 wussies was even willing complaining to our beloved Sultan then it must be done. We know at least he has our interest at heart. It does not matter if previous DNA Test Kits DNA Test Activate Your DNA petitions have notthis is the sign of fascism Leo, Could the Supreme Court just be waiting until the whole process of electing a President has taken it’s full course? This would seem to make sense that they would not want to rule on Activate your DNA such a matter until it was clear- mahathirism revisited. Looks like cops are buckling up for the next PM a scenario similar to that o Digital Gene Expression Dna technology DNA Test

Post a Comment