March 29, 2008

Kuburan Ala NASA

Bagaimana perasaan Anda saat melewati pemakaman umum? Kalau saya sih biasa aja soalnya rumah saya deket pemakaman, jadi kemana-mana pasti ketemu. Dan kalau difikir-fikir, pemakaman umum makin hari makin dibutuhkan saja. Logis, soalnya area tanah kosong akhir-akhir ini kian sempit. Lho, kalau nanti lahannya makin langka, lalu dimana kita akan memasuki rumah masa depan kita?

Ini ada kabar baru, setidaknya dalam waktu dekat rakyat bumi ini akan bisa menikmati pengalaman dikubur di bulan. Adalah Houston-Celestis Inc. yang mengumumkan rencana tersebut. Saat ini sudah ada yang melakukannya, namun bukan jasad kita yang dibawa, tapi abu dari hasil kremasinya…duh, ga jadi deh.

Ada yang berminat?
Mau tahu perhitungan harganya?

Saat ini satu porsi kecil abu kremasi seberat 1 gram dihargai 9995 dollar AS. Tarif tersebut termasuk bonus melihat proses peluncuran, pembuatan buku kenangan hidup almarhum dan abunya akan disebar di lautan sekitar area peluncuran. Untuk promosi, Celestis menarik biaya hanya 29985 dollar AS untuk 14 gram abu kremasi untuk dua jenazah. Tentu saja harga itu belum termasuk biaya kremasi yang mencapai 2.000 dollar AS. Untuk perbandingan, 1 gram abu kremasi adalah kurang dari 1 persen berat rata-rata jasad manusia, yang bisa berkisar antara 3 hingga 5 pon. Dan setelah melunasi semua biayanya, abu bisa langsung diluncurkan ke bulan. Caranya abu dimasukkan dalam kapsul pesawat ulang alik, dan akan diletakkan secara permanen di permukaan bulan.

Sebenarnya proses peletakkan abu kremasi manusia bumi di bulan ini sudah pernah dilakukan. melewati kejadian yang tidak disengaja. Saat itu tahun 1998, Celestis yang bekerjasama dengan NASA menawarkan kapsul luncur Luna kepada keluarga dan kerabat dari geolog dan astronom ternama, Eugene Shoemaker untuk mengorbitkan abu kremasinya selama satu tahun di angkasa.

Naasnya, pada tanggal 31 Juli 1999, pesawat ulang alik NASA tersebut jatuh di permukaan bulan dan membuat abu kremasi Shoemaker adalah yang pertama kali menyentuh bulan. NASA lalu mengenangnya dengan pernyataan: Sebuah penghargaan special untuk manusia yang special.

Kini, Celestis telah mengirim beberapa misi penyebaran abu kremasi ke bulan. Kliennya antara lain pencipta film Star Trek Gene Roddenberry, astronot Mercury Gordon Cooper dan aktor Star Trek James Doohan.

Kabarnya, bulan Juni nanti Celestis akan menerbangkan lagi 205 klien dari 14 negara. Ada yang mau daftar? Buruan!

Sumber: Space

4 comments:

Blogger-Holic said...

ckckckck... kalo mo ziarah gmn ya...? :D

mBeum.. said...

mun mau nyekar ke makan kumaha cara ?
lewat monitor weeee ? pake webcam gituh ?

Dyden Rinda said...

@blogger-holic, mbeum : kayaknya NASA harus tau budaya nyekar disini ya, so harusnya disedian pesawat ulang alik khusus peziarah kali. hehe..
Btw, thanks 4 comment!

jmw said...

halah ada2 aje neh Amrik.. bisa aje nyari duitnye.. ada jaminan masuk surga gak buat yg mati?

Post a Comment