March 29, 2008

Famous Twins

Pagi-pagi seperti ini biasanya saya melakukan beberapa kegiatan rutin. Menyapu halaman, membuang sampah, atau sekedar memanaskan motor, sementara istri (yang sedang mengandung 6 bulan) sibuk di dapur. Berhubung hari Sabtu saya libur, iseng-iseng menyalakan TV, wow...infotainment. Berita seleb yang pertama saya saksikan adalah adegan wawancara dengan si kembar Marcell dan Mischa Chandrawinata yang kebetulan hari ini berulang tahun. Saya kontan tertarik, kok bisa ya lahir kembar? Mana sangat mirip lagi. Lalu berputarlah otak ini tentang fenomena itu.


Anda tertarik juga?

Bila ditilik dari definisi medis, terjadinya kelahiran anak kembar adalah dikarenakan adanya pembuahan ganda dalam rahim ibu. Biasanya yang selama ini terjadi, kehamilan kembar memiliki masa kehamilan yang lebih pendek, sekitar 37 minggu atau 3 minggu lebih sedikit dari masa kehamilan normal. Dan saat ini diperkirakan ada 125 juta pasang manusia kembar yang hidup di bumi, atau sama dengan 1,9 persen populasi dunia. Banyak juga, saya membayangkan bila semua yang kembar-kembar itu membuat negara sendiri, gimana jadinya ya.
Jadi ikut-ikutan Ruben deh…dunia khayal!!

Dan ternyata proses kembarisasi ada 2 kategori. Yang pertama adalah yang umumnya terjadi, yaitu kembar dizigot. Kembar dizigot terjadi jika dua sel telur dibuahi oleh dua sel sperma dalam waktu yang bersamaan. Jadi sifatnya kedua zigot ini independen, berbeda sifat dan berbeda gen. Jadi bisa dimaklumi bila keduanya nanti akan sangat kentara perbedaannya, baik dalam hal fisik maupun psikologis. Kembar dizigot dibagi dalam 3 tipe, yaitu (1) kembar dizigot cowok-cewek yang saat ini sedang ngetren, sekitar 40 persen dari populasi kembar keseluruhan; (2) kembar dizigot cewek, bisa juga disebut kembar sororal; dan (3) kembar dizigot cowok.

Kategori yang lain adalah kembar monozigot, yang terjadi bila satu sel telur dibuahi oleh satu sel sperma dan kemudian sel tersebut membelah diri menjadi dua embrio identik. Jangan heran bila nantinya si anak kembar ini akan sangat mirip, baik dalam hal fisik maupun psikologis. Kembar monozigot dibagi menjadi dua tipe saja, yaitu (1) kembar monozigot cewek, dan (2) kembar monozigot cowok.

Well, kalau dari Indonesia kita mengenal Marcel-Mischa, bagaimana dengan kembar-kembar ternama yang lain yang hidup dan yang pernah hidup di dunia?
Siapa yang tidak mengenal Mary Kate dan Ashley Olsen? Si kembar cilik yang memenuhi rumah di sitkom Full House era 90-an dulu? Dulu menggemaskan, sekarang duh-duh..menggiurkan! :D.


Lalu ada dou kembar komikus asal Jepang, Masashi dan Seishi Kishimoto. Nggak kenal Masashi Kashimoto? Pasti lebih tahu Naruto dan Dragon Ball. Nah orang inilah yang berada di balik komik-komik spektakuler tersebut, meski dia lebih memilih nama samaran Akira Toriyama sebagai nama populernya.

Lalu si kembar dari dunia band anak muda yang sedang in saat ini, ada Benji dan Joel Madden yang menggawangi band Good Charlotte. Dari dunia sepak bola pastinya ada Frank dan Ronald D. Boer dari tim oranye Belanda. Si kembar penulis dari India, ada Suresh dan Joyti Guptara. Dari dunia bisnis, kita mengenal David dan Frederick Barclay, yang produknya merupakan sponsor utama liga primer Inggris. Ada yang mau menambahkan?

Nah, siapa kembar favorit Anda?

N.B: sibuk cari-cari jurus ampuh untuk bisa menghasilkan anak kembar :). Oya Happy Birthday Marcel-Mischa!
Sumber: wikipedia, kapanlagi.

0 comments:

Post a Comment