March 26, 2008

Reuni Keluarga Yang Tidak Diharapkan

Perhelatan kampanye pemilihan presiden di Amerika Serikat kali ini bisa jadi adalah merupakan sebuah reuni keluarga. Faktanya, Barack Obama adalah sepupu jauh dari actor Brad Pitt, dan Hillary R. Clinton sepupu jauh dari Angelina Jolie.

Menurut gudang data peneliti di New England Historic Genealogical Society, ada semacam keterkaitan keluarga antar tiga kandidat presiden, Obama dan Clinton dari Demokrat dan John McCain dari Republik. New England Historic Genealogical Society adalah organisasi genealogi non-profit yang tertua dan terbesar di Amerika Serikat yang berdiri pada tahun 1845.

Clinton berdarah Perancis-Kanada dari fihak ibu, yang juga sepupu jauh dari artis Madonna, Celine Dion dan Alanis Morisette. Obama, terlahir dari ibu kulit putih asal Kansas, dan bapaknya yang berkulit hitam asal Kenya adalah sepupu jauh dari George W. Bush. Sedangkan McCain adalah sepupu ke-enam dari first lady Laura Bush.

Mungkin tak mengherankan bila kedua kandidat dari Demokrat ini, Obama dan Clinton dapat mengharu biru rakyat AS dengan kampanyenya. Seperti diketahui, Clinton pernah memenangkan Grammy untuk kategori Best Spoken Word untuk bukunya yang berjudul It Takes a Village pada tahun 1997. Obama seakan tak mau ketinggalan dan memenangkan Grammy dengan kategori yang sama pada buku versi audionya tahun 2008 ini, yang berjudul The Audacity Of Hope Thoughts On Reclaiming The American Dream.

Seorang ahli silsilah keturunan (genealog), Christopher Child, berkelakar bahwa ketika mereka berdua saat ini sering memfokuskan diri untuk memperjelas perbedaan antara mereka, namun silsilah keturunan lebih menunjukkan bahwa mereka cenderung pada garis yang sama. Dan mereka benar-benar mirip, lebih dari yang mereka fikirkan. “Ini menunjukkan bahwa banyak orang yang kelihatannya berbeda, ternyata berhubungan satu sama lain. Dan kemungkinan orang yang berhubungan dengan Anda itu adalah seseorang yang Anda sendiri tak menduganya.”

Dan memang tidak main-main, Child telah menghabiskan tiga tahun hanya untuk melacak garis keturunan para kandidat presiden AS. Dalam penelitiannya ia dibantu oleh seorang sarjana peneliti senior, Gary Boyd Roberts, yang juga penulis buku Ancestors of American Presidents pada tahun 1989.

Yang menakjubkan dari hasil penelitian mereka, Obama ternyata memiliki hubungan persaudaraan dari garis keturunan yang besar baik dari Demokrat maupun Republik. Sepupu jauhnya meliputi Presiden George W. Bush dan ayahnya, George H. W. Bush, Gerald Ford, Lyndon Johnson, Harry S. Truman dan James Madison. Sepupu lainnya antara lain Wapres Dick Cheney, Perdana Menteri Inggris Sir Winston Churchill dan Jendral Perang Saudara Robert E. Lee.

Obama sendiri pernah melontarkan humor tentang Cheney pada salah satu kampanyenya. “Tali persaudaraannya ternyata melintasi spektrum politik” katanya.

Bagaimana dengan Hillary Clinton? Dari hasil pelacakan, sepupu jauh Clinton antara lain penulis eksentrik Jack Kerouac dan Camilla Parker-Bowles, istri dari Pangeran Charles Inggris.

Sedangkan garis keturunan kandidat McCain sedikit rumit untuk dilacak karena data yang berkaitan tidak selengkap Obama dan Clinton.

Yang paling unik, Pitt dan Obama adalah sepupu ke-sembilan, dihubungkan dengan Edwin Hickman yang meninggal di Virginia tahun 1769. Sedangkan Clinton dan Jolie adalah juga sepupu ke-sembilan, keduanya dihubungkan oleh Jean Cusson yang meninggal di Quebec tahun 1718.

Wah, kalau di Indonesia ada lembaga macam begini, saya akan minta tolong dilacak garis keturunan saya. Jangan-jangan masih segaris sama Eyang Sinto Gendeng! :D

Sumber: Yahoo

0 comments:

Post a Comment