March 23, 2010

Lessons From Balinese Fun Factories: Keboo and Itik

Humor adalah humor. Apakah itu bersifat slapstick, deadpan ataupun tongue in cheek..- waduh, sory ajaib-ajaib istilahnya - tetap disebut humor, sesuatu yang bisa memancing hormon endorphine keluar dari sarangnya. Hormon ini lah yang bertanggungjawab kenapa kita bisa ketawa terkencing-kencing, ngakak garing, ataupun cuma senyum-senyum seperti orang salting.

Dan menulis humor bukanlah perkara mudah. Saya sendiri bisa dibilang not a right profile untuk melakukan hal tersebut. Sumpah, sepertinya lebih mudah membuat orang marah, terhasut, terharu dan termehek-mehek ketimbang mencipta suasana yang klop untuk bisa bebas tertawa. Lebih gampang tentunya menggiring pembaca ke dalam situasi melankolis dan mengerutkan dahi daripada njelimet memikirkan: gimana ya caranya biar yang mbaca ini ngakak dan terus-terusan diingat hingga tujuh turunan? Right?

So, saya bereksperimen dengan dua blog yang mendadak jadi favorit saya dikala mules..eh, jenuh melanda.


Mereka adalah keboo dan itik. Bukan semata namanya unik, namun bila dikaji lebih lanjut ternyata dalemannya lebih dari sekedar ajaib. Dua-duanya gadis Bali, sama-sama punya kemampuan menulis di atas rata-rata. Saya ngga ngerti isitilahnya, tapi setiap baca postingan mereka koq kayaknya saya mendadak seperti ngobrol berhadap-hadapan? Ada dialog tersembunyi yang memaksa saya reflek manggut-manggut dan sesekali nyengir, entah lah.
Through humor, you can soften some of the worst blows that life delivers. And once you find laughter, no matter how painful your situation might be, you can survive it (Bill Cosby - American Comedian)
Mungkin mind set yang berperan di sini. Apa mungkin tingkat kepekaan yang lebih pada hal-hal sepele, namun dapat diuraikan menjadi sesuatu yang membuat orang tersenyum? Atau mungkin talent? Sebuah bakat bawaan sejak orok? Nobody have an answer..

Yang jelas, inspirasi menulis bisa datang dari mana saja. Dan bila respon bagus dari audiens yang kita harapkan, menulis dengan humor bisa jadi salah satunya.

Pendapat sobat?

53 comments:

bandit™perantau said...

hahahah..

baca kalimat-kalimatmu di postingan ini juga membuat saya saya tertawa kok bro...


macam mana sesuatu bisa mbikin ngakak sampe diinget 7 turunan... hehehhe

Unknown said...

itik bali memang keren...tp kebo blum saya kunjungi...
terbang kesana ah...

tuiiingg....

Sou Stalker said...

Hahaha. .mereka berdua memang gokil !!

met siang gan !

Ratasoe said...

Ol jg tu sob, infox, ntr kunjung dh..salam

fai_cong said...

kwkwkwkwkwk....
mereka dari asal yang sama dan sama-sama gokil abis.
udah maem kang? :D

non inge said...

selalu harus dikunjungi kalo 2 blog itu menelurkan postingan baru *eh keboo beranak yah* hihi

richo said...

wah memang pada canggih mereka..... canggih menyuguhkan tulisan

Isti said...

saya juga suka sama tulisan ituk bali..lucu...paling tidak buat senyum2 sendiri

megi said...

belum pernah kesana tuh...
ijin ke tkp dulu gan :)

Adieska said...

Aku juga suka blog yang kayak gitu bro... Pasti aku kunjungi, untuk baca2 and say hi sama si empunya blog... Oiya kalo mau tau 1 lagi blog yg asiknya seperti itu, visit teman dari Pontianak, http://sendalbirunie.com :)

dunia blog said...

wah makasih neh sob,,
lucu juga,,
sob main kerumah ia

Hendriawanz said...

IMHO,
Yang pertama, menulis tentang humor dan bukan humor, sama2 sulitnya lho. Tidak ada ukuran untuk membandingkan bahwa satu lebih dari yang lain. Dan blog ini pun punya gaya sendiri lho.

Yang kedua, setuju bahwa inspirasi bisa dari mana-mana.

BTW, mari kapan2 datang ke tmpat saya, nyanyi sama2..hahaha

agus santoso said...

hahahhaha..gua jadi makin terinspirasi sob..makasih yah

Dimas said...

setuju dengan pendapatnya, mereka berdua emang jago nulisnya, ada aja ide2 yang menarik buat diposting..
tapi blog ini juga ga kalah kok hehe..

kurniawan.q said...

berkunjung ide dan semangatnya memang mesti kita contoh (bukan dicopas)

NOOR'S said...

Wah..kalau membaca tulisan mereka berdua memang membuat saya ngakak sampai terkentut-kentut, mereka pandai menyampaikan realitas yang mereka lihat dan menyampaikannya dengan gaya khas mereka...kadang malah membuat saya kebawa sarap..he..he

sauskecap said...

saya juga suka baca tulisannya... nyantai dan mengalir apa adanya... tidak sombong... dan rajin menabung...

Awaluddin Jamal said...

he he..,

saya belum pernah sih baca blognya makanya habis ini mau meluncur kesana dulu..,

salah satu kesulitan saya adalah otak saya sering buntu kalau udah mau nulis postingan.., :D

aulawi ahmad said...

setuju dgn semua komeng diatas, mereka punya ciri khas dan talenta tersendiri :)

-'moRis- said...

hare gene emang cari hal" yg bsa buat rilex,
thx for the recommended blog bro'...

ridwan said...

gak ngerti kok bisa ketawa :D

Osi said...

Wah....kapan ya blog saya bs punya penggemar kayak di sini...xixixixi :D

Kang Sugeng said...

Itik Bali emang top dah pokoknya

Gus Ikhwan said...

itu langganan gus kalau kesasar ya masuknya ke situ kang??
wah kok ga basah seputar blogging lagi??
kap[an pindah ke wp bang??
mampir balik ya

dinoe said...

setuju mas..mereka memang kreatif dalam memaparkan ide-ide mereka dalam setiap tulisan yang ada...dan bisa memberi warna lain buat yg membacanya

akhatam said...

Wakwkwkwkkw... Ngekek Aku!!Terus Blogging Sob!!

bonk ava said...

wakakakak! kalo bandingin keboo ma itik, aku lebih ngejagoin itik bali ketimbang keboo, setiap baca postingan itik, bak terasa baca majalah cek and ricek dengan nada humoris dan sinis,lebih tepatnya satiris hiks hiks hiks!

arsumba said...

segera ke TKP...
belum pernah kunjung kesana sih.. hehehe..

pakde sulas said...

menulis humor bukanlah pekerjaan yang gampang dan tidak semua orang punya selera humor, kadang kadang sesuatu yang biasa tapi membuat orang terpingkal pingkal, dan entah dimana rasa humornya

sebagai contoh, pakde heran melihat anak pakde tertawa ngakak melihat gambar kartun, yang menurut pakde itu gambar biasa saja, pakde heran entah dimana yang menurut anak pakde itu lucu

aboy said...

ia memang dgn humor org lbh senang dlm memahami disebuah postingan,,tetap ide yg cemerlang sob,,
btw link sob d ane pasang thx

sejenak said...

setuju banget mas... mereka berdua emang gadis bali yang benar-benar top...

blog dunia said...

berkunjung lagi neh sobat,,

Fi said...

saya juga mau punya intuisi menulis kayak kebo dan itik tapi gimana yah caranya ^mikir^

vany said...

saia jg suka tulisannya itik bali, mas...
gaya nulisnya keren..
kalo kebo blm prnh mampir siyh...hihihi

Budi Mulyono said...

Pastinya keindahan membuat kita tetap tersenyum sebagai rasa sayang kita terhdap sahabat...

Salam dari Balikpapan.

Budi Mulyono said...

Kumat lagi deh.. komennya gak muncul... try to type again for test...........

Gamer_GPM said...

yap si kebokyut emang gaya penulisannya gitu. gtw kenapa saya juga ngerasa denger orangnya ngomong di depan saya.hoho

PRof said...

Soal bikin ngakak pembacanya, udah bawaan ITIK sedari dari TELOR....:D

idana said...

saya beberapa kali pernah ke blog itik bali, emang keren tulisannya...walau sama2 dari bali tp saya koq ngak bisa ketularan nulis bagus yaa...acak adul iyaa :D

Blogger said...

waha menarik juga ne sob kata2nya haha..
sob ada sedikit kenang2an dari saya
semoga berkenan menerimanya
sukses slalu!

Rock said...

Langsung menuju ke TKP

Delia said...

belum pernah kesana...langsung tak check deh....

gak mutu said...

belom pernah mampir pada keduanya. ..
kalau tentang kelucuan mungkin dha pembawaan jadi pelawak ... huahehehhe ...

septian said...

tiap blogger punya karakter masing2
keboo&itik adlah salah satu yg terbaik :)

Dendy Darin said...

@bunglonblog: ok sob, saya transit ke sana deh :)

kang tejo said...

postingan keboo emang selalu bikin ngakak pak..
tapi setiap orng emang punya gaya sendiri2 untuk menulis..

♥ria♥ said...

aku juga sukaaa ma postingan keboo ^___^V
she's my favorite :D

the others... said...

Kedua blog itu emang seru dan kocak banget hehehe

catatan kecilku said...

Keduanya super kreatif dlm mengolah kata2... ^_^

Bung Eko said...

Hmm, rekomendasi yang patut saya kunjungi nih, soalnya butuh banyak belajar untuk menuliskan hal-hal sepele menjadi lebih mengena. Thanks atas sharing-nya, Mas.

kebookyut (DiVe) said...

haduh... makasi ya mas... sejujurnya baca komen lebih bikin ketawa dibanding baca postingan keboo.. merasa nggak pantes, mules, kayak pepes.

tapi untuk saat2 ini keboo mungkin akan jarang nulis, karena ritme belajar keboo yang sekarang acakadut amburadul.. tapi keboo akan tetap bercerita walau agak jarang. keep writting, keep blogging..

keboo mau print ah halaman ini, trus dibingkai. hehe..

happy...

makasi ^^

PS: keboo juga suka tulisan di indonesianer ini. pemikiran yang bikin merenung banyak hal.. semnagat!

wah panjang y, komennya?! kayak pidato..
met malem...

Dendy Darin said...

@keboo: ok, keep writing ya bo hehe :D

ureh said...

banyak juga blog yang bahas itik sama kebo, cewe gokil.kira-kira ibu mereka dulu nyidam apa ya??

Post a Comment